HATI YANG BERTUMBUH DAN BERTAMBAH DENGAN IMAN

by samuelyasa


1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-2 yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-2 berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan.          (2Petrus)

Siapa bilang jaman dulu itu tidak banyak dosa? Kalau kita melihat jaman Adam dan Hawa, sudah ada kejadian kakak yg membunuh adik kandung akibat iri hati. Di jaman Abraham, praktek homoseksual sudah terjadi, yaitu di kota Sodom dan Gomora. Dijaman hakim-hakim pasal terakhir adalah kisah puncaknya kebobokan dan kebejatan bangsa Israel, seorang gundik diperkosa ramai-ramai oleh suku Benyamin hingga mati. Dijaman Imam Eli, anak-anaknya melakukan kejahatan yaitu melakukan perzinahan di Bait Allah dengan suku Lewi,di jaman Daud, ada kejadian Amnon bin Daud yg memperkosa saudara tirinya sendiri (2 Sam. 13), dll.
Kebobrokan moral manusia itu sudah dimulai saat manusia jatuh ke dalam dosa. Ketika hukum Taurat diberikan, itu hanya untuk memberi rambu-rambu bahwa perbuatan mereka salah dan Tuhan tidak suka. Namun pada kenyataannya dosa itu tetap merajarela dan menguasai manusia.

 

Sampai pada hari ini manusia tetap hidup bergelimangan dosa, kegelapan hati manusia membuat manusia masih menyukai perbuatan dosa, namun bedanya kalau dulu tidak mudah disembunyikan, namun sekarang dengan kemajuan teknologi, seperti internet, pornografi dapat bebas diakses tanpa ada yg tahu, banyak kebohongan bisa dilakukan,tidak ada yang tahu kecuali Tuhan.

 

Kristus melalui Roh Kudus telah memateraikan kita, memberikan kita status sebagai orang kudus dan juga memampukan kita untuk menang atas dosa. Mari keluar dari kegelapan dosa, masuk dalam Kasih Karunia-Nya.Tuhan tolonglah kami, amin.                                                       hp