DARI DALAM HATI MANUSIA

by samuelyasa


7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”                                                                        (Markus)

            Kalau kita merenungkan bacaan diatas, maka kita menemukan betapa mengerikan isi hati manusia, isi hati kita. Manusia yang jatuh dalam dosa adalah manusia yg hatinya dipenuhi dengan berbagai macam hal seperti yang tertulis diatas.Hati merupakan pusat kontrol dari segalanya, dan segala kecemaran itu timbul dari hati yang tidak terjaga dengan baik.
Kalau hati kita  transparan, artinya dapat dilihat dari luar, saya rasa tidak ada diantara kita yang berani terus hidup dalam kecemaran, karena yang nampak adalah “sampah” hidup dan  “kejahatan”. Mungkin semua akan berusaha supaya hatinya nampak indah, baik, sehingga yang kelihatan adalah kelembutan, kebaikan, kemurahan, penguasaan diri dsb.

Ketika kita ditebus oleh darah Kristus, Ia menebus kita untuk terlepas atau melepaskan diri dari semuanya itu, karena keberdosaan kita, adalah keberdosaan yang telah mencemarkan hati kita, yang berbuahkan perbuatan yg mencemarkan .  Itulah sebabnya, betapa pentingnya kita menyerahkan hati kita kepada Tuhan, bukan hanya tenaga atau kemampuan kita, karena Tuhan-lah dengan kuasa Roh Kudus yang sanggup mengubahkan hati kita. Hari ini juga, jika kita menginginkan berkat Tuhan  dalam hidup kita dan mengalami pertumbuhan, kita harus memeriksa kembali keadaan hati kita masing-2. Jika kita menemukan ada bagian-2 yang keras dalam hati kita, serahkanlah kepada Tuhan  segera.
Ibrani 3:15 Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman”.

 

Bagaimana keadaan hati kita hari ini? Periksalah dengan baik sekarang juga dan jangan tunda lagi,bukalah dan biarkanlah
Dia bertahta. Tuhan menolong kita.                                                          hp