Atlet, Prajurit, Petani

by samuelyasa


3  Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.

4  Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

5  Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.

6  Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.”                                  2 Timotius 2:3-6                                  

Untuk menjelaskan kehidupan sebagai hamba atau pengikut Kristus Alkitab memberikan pelajaran dari kehidupan tiga profesi yang kita kenal dan ada di sekitar kita, yaitu prajurit, olahragawan dan petani.Mengapa Alkitab memakai ketiga profesi ini?Karena ketiga profesi ini memiliki kesamaan di dalam menjalaninya yaitu kerajinan (daya juang tinggi) dan disiplin.

Prajurit: untuk bisa berkenan kepada komandannya ia harus fokus dan tidak boleh memusingkan diri dengan penghidupannya. Penghidupan prajurit sudah ada di dalam tanggungjawab komandannya, jadi sang prajurit hanya perlu fokus dan siap melakukan tugasnya saja. Olahragawan: jika ingin mendapat kemenangan dan hadiah, ia harus sportif dan taat kepada peraturan profesinya. Ia harus fokus kepada tujuannya yaitu finis ditempat pertama (band. Ibrani 12:1-4). Petani: untuk dapat menikmati hasilnya seorang petani harus bekerja keras, pintar membaca iklim, serta rajin dalam bekerja. Dengan demikian ia mempunyai hak untuk menikmati hasilnya paling pertama.

Sebagai hamba Kristus kita pun harus menjalani hidup dan panggilan kita dengan tidak memusingkan diri dengan penghidupan kita sendiri, hidup menurut peraturan firman Tuhan, dan bekerja keras mengerjakan keselamatan kita. Tuhan Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.” (Luk.9:62). Dengan kata lain setiap orang yang tidak fokus kepada Yesus tidak layak menjadi pengikut Yesus.

Sebagai hamba Kristus, apakah kita fokus kepada Tuan kita????

Kvn

Iklan