Kehidupan Seorang Hamba Kristus

by samuelyasa


22  Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. 23  Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran, 24  sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar 25  dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, 26  dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.”                                                  2 Timotius 2:22-26

 

Ada orang yang mengatakan bahwa kehidupan hamba Kristus (semua orang percaya) seperti ikan di dalam akuarium, yang dapat dilihat dari semua sisi (menjadi fokus perhatian banyak orang).Jika demikian terbukanya kehidupan kita sebagai hamba Kristus, itu berarti kita tidak boleh sembarangan dengan perilaku hidup kita. Sebab itulah Tuhan Yesus pernah berkata: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5:16.

Nas di atas ialah bagian dari serangkaian nasehat Paulus kepada Timotius sebagai seorang hamba di tengah pelayanannya.Paulus meminta agar Timotius hidup menjauhi hawa nafsu dan menjauhi soal-soal yang dapat merusak citra sebagai pengikut Kristus.Intinya Timotius harus menampilkan hidup yang benar, hidup yang membangun dan menjadi berkat bagi banyak orang.Bagi Paulus tingkah laku hidup yang baik bisa menjadi senjata yang ampuh untuk membawa seseorang kepada Tuhan.

Sebagai seorang pengikut Kristus (hamba Kristus), bagaimana perilaku hidup kita?menyatakan kemuliaan Kristus atau mempermalukan Kristus? Membawa orang datang kepada Kristus atau membuat orang menolak Kristus? Milikilah cara hidup yang benar, sebagai mana mestinya kehidupan seorang hamba Kristus!

Kvn