Hamba yang Mengenal Tuannya

by samuelyasa


7  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 8  Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, 9  dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. 10  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, 11  supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.”                                                                          

 

Filipi 3:7-11

 

Kesepakatan kerjasama biasanya diawali dengan sebuah perkenalan.Perkenalan diawali sebuah keinginan dari kedua pihak untuk saling membuka diri sehingga terbangunlah hubungan diantara keduanya. Seorang tuan (bos) berani mempercayakan sebuah pekerjaan kepada anak buahnya karena ia mengenalnya. Demikian juga sang anak buah mau menerima pekerjaan tersebut karena ia kenal bos yang memintanya. Mengenal dalam sebuah hubungan sangat penting.

 

Paulus begitu mengenal Yesus (tentu pengenalan Paulus ini dihasilkan karena hubungan yang dibangun dengan Kristus secara baik).  Sampai-sampai ia memberikan “penilaian” yang amat tinggi pada Tuhan Yesus. Ia mengakui bahwa Yesus ialah pribadi yang sangat berharga dalam hidupnya, sehingga pengenalan terhadap Kristus mampu meruntuhkan semua yang dianggapnya bernilai di masa lalunya. Pengenalan terhadap Kristus mendorong Paulus mampu  mendedikasikan hidupnya secara penuh kepada Kristus.

 

Hamba yang baik harus mampu mengenal tuannya dengan baik.Pengenalan terhadap Yesus dapat terbangun dengan sebuah hubungan dan kedekatan dengan-Nya.Mari kita bangun hubungan dengan Tuhan lebih intensif lagi sehingga kita bisa mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya.

Kvn