Berawal Dari Inisiatif Allah

by samuelyasa


Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.                                                                           Yohanes 3: 16

Dosa yang masuk dalam hidup manusia mengakibatkan kelumpuhan bagi manusia.  Kelumpuhan yang saya maksudkan dalam bagian ini adalah kelumpuhan dalam hidup spiritual manusia.  Kehidupan seorang hamba hanyalah untuk menyenangkan hati sang tuan. Manusia sebagai hamba Allahb seharusnya hidup untuk menyenangkan hati Tuhan, sang pemilik hidupnya.  Akan tetapi dosa mengakibatkan manusia mengalami kelumpuhan dalam hal tersebut.  Roma 8: 8 berbunyi “  Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Manusia tidak lagi mampu untuk melakukan usaha yang menyenangkan hati Tuhankarena kecenderungan hatinya hanyalah berbuat dosa dan kehilangan damai sejahtera dari Allah. Akibatnya adalah manusia semakin hari semakin jauh dari Allah karena manusia semakin hari semakin jahat (Kejadian 6: 6).  Jauh dari Tuhan membuat manusia mengalami hidup yang sulit.  Ia tidak menjadi seperti gambaran yang dilukiskan dalam Kejadian 1: 3. Yang terjadi adalah kebalikan dari semua itu.  Semua perbuatan manusia salah dan jahat karena hati yang dikuasai oleh dosa.  Ketika manusia mencoba untuk mencari Tuhan maka sesungguhnya manusia semakin mendukakan hati Tuhan karena manusia hanya mencari allah yang sesuai dengan keinginan hati mereka.  Mereka melakukan penyembahan terhadap berhala-berhala mati hasil buatan tangan manusia (Ul. 4: 28). Sehingga dengan demikian manusia tidak mampu untuk melakukan sesuatu yang baik yang sesuai dengan standar Tuhan.

Keadaan manusia sebagai gambar dan rupa Allah sangatlah ironis karena seharusnya ia menyenangkan hati Tuhan tetapi ia tidak mampu melakukan hal tersebut karena dosa.  Melihat ketidakmampuan manusia inilah Allah menaruh belas kasihan kepada manusia ciptaan-Nya ini.  Allah dengan inisiatifnya mengambil tindakan secara aktif untuk  membuat manusia kembali memiliki hidup yang menyenangkan hati Tuhan.

Ketika kita ada di sini dan diberikan sebuah kesempatan untuk menyenangkan hati Tuhan, ingatlah semua itu hanyalah anugerah Tuhan semata dan semua itu dimungkinkan karena inisiatif Allah semata.

 

Doa: Tuhan, terima kasih atas inisiatif-Mu menyelamatkanku.  Amin.     Jho