KONSEP TERBALIK, TERBESAR ← → TERKECIL

by samuelyasa


22:24 Terjadilah juga pertengkaran di antara murid-murid Yesus, siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka. 25 Yesus berkata kepada mereka: “Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung. 26 Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan. 27 Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.                                                                           (Lukas)

 

Ada beberapa pelajaran penting dari nats bacaan kita hari ini, mari kita simak bersama:

  • Ayat 24 mencerminkan salah problem terbesar manusia, yakni siapa yang terbesar di antara kita, sekaligus menyatakan bahwa kita tidak mau menjadi lebih kecil dari orang lain
  • Ayat 25 mencerminkan cara pandang manusia siapakah yang terbesar dan bagaimana menjadi yang terbesar. Cara pandang inilah yang kemudian melahirkan prilaku manusia dalam hidup khususnya dalam pengejaran untuk menjadi yang terbesar.
  • Ayat 26 dimulai dengan perkataan Tetapi kamu tidaklah demikian. Artinya ada cara perpikir yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh bangsa-2, lalu Yesus menawarkan konsep-Nya untuk menjadi yang terbesar yakni dengan cara menjadi yang termuda dan sebagai pelayan (walau hal ini harus ditafsir dan dipahami dengan benar)
  • Ayat 27, Yesus kembali dengan pertanyaan retorik untuk menjawab siapakah yang lebih besar antara yang duduk makan atau yang melayani? Namun pertanyaan ini menjadi sulit ketika Yesus menyebut diri-Nya sebagai pelayan di tengah-2 murid-Nya.

DOA. Ya Tuhan tidak mudah bagi kami untuk menjadi seorang pelayan.    jp