HAMBA YANG DITINGGIKAN

by samuelyasa


2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. 9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, 10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!                     (Filipi)

 

Sekali waktu saya berjumpa dengan seorang selebriti di sebuah pusat perbelanjaan. Dengan penampilan sederhana (tanpa polesan panggung) nampak guratan wajah yang menua, yang semasa mudanya mampu membuat khalayak yang menghadiri konsernya berteriak-2 histeria. Namun nampaknya sekarang hal itu terjadi biasa-2 saja. Ketenarannya mulai memudar di makan waktu, sementara di sisi lain munculnya selebriti-2 muda yang memiliki penggemar tersendiri.

Inilah sejarah kehidupan manusia yang harus memiliki pencapaian dan mengukir berbagai prestasi untuk menjadi populer, dan pada saat itu pulalah manusia dielu-elukan, ditinggikan dan dimuliakan oleh orang lain. Kepopuleran dan kekuasaan selalu dikejar dan dijadikan investasi penting bagi manusia untuk meraih kemuliaannya.

Istilah HAMBA yang DITINGGIKAN dapat disebut sebagai kontradiksi oleh masyarakat dunia, karena bagaimanapun juga seorang hamba tidak akan pernah ditempatkan di posisi yang tinggi. Seorang hamba tetaplah hamba yang selalu ada ditempatnya yang rendah.           Yesus Kristus adalah Allah yang mengambil rupa seorang HAMBA yang telah ditinggikan oleh Allah yang dikaruniakan kepada-Nya Nama di atas segala nama dan bertekuk lutut segala yang ada di bumi dan di atas bumi, dan semua lidah mengaku DIA-lah TUHAN.  Kita dengan sederhana berkomentar bahwa itu semua diterima-Nya karena DIA memang sesungguhnya adalah Allah (Christology from Above). Pernahkah kita pikirkan bahwa IA ditinggikan karena IA telah menjadi HAMBA, hamba yang taat sampai mati di kayu salib (Christology from Below).                   jp

 

Iklan