MELETAKKAN KEKUASAAN

by samuelyasa


2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.                                             (Filipi)

Baru saja diberitakan melalui media tentang mundurnya Paus sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik yang dikarenakan kesehatannya dalam usia 85 tahun. Mundurnya Paus diumumkan dan diterima dengan baik oleh umat. Hal ini juga berarkhirnya masa jabatan pelayanan dan kekuasaan yang dipercayakan kepadanya. Ini berarti umat Katolik sedang menantikan pengganti yang akan ditempatkan sebagai pemimpin mereka, Paus.

Di era 90-an terjadi torehan sejarah tentang lengsernya pimpinan Negara dan digantikan oleh yang lain dalam intensitas yang terbilang cepat (lebih cepat dari periode yang seharusnya). Soeharto harus lengser keprabon dan digantikan oleh wakilnya, demikian halnya Gus Dur yang harus meninggalkan istana dan posisinya digantikan oleh wakilnya. Konon, situasi ini dikarenakan ketidak puasan rakyat yang mendaulat sang presiden untuk turun; atau sesungguhnya ada pihak-2 tertentu yang ingin menempatkan orang-2 tertentu untuk menjadi pimpinan tertinggi. Proses untuk mencapai peletakan kekuasaan ini harus sampai berdarah-2 dan meminta korban. Dan selalu ada yang menggantikan posisi presiden ini.

Pernahkah kita pikirkan, peletakan kekuasaan yang Allah lakukan dalam Yesus Kristus adalah hal yang luar biasa. Perhatikan hal-2 berikut:

  • Rupa ALLAH (Penguasa) à rupa seorang HAMBA
  • ke-SETARA-an dg ALLAH à setara (sama dengan) manusia
  • Tidak mempertahankan dan mengosongkan diri-Nya menjadi symbol kerelaan Allah. Hal ini dilakukan bukan karena didaulat oleh manusia; IA tidak mengorbankan orang lain melainkan memberi diri sebagai korban bagi manusia yang berdosa.

Perenungan. Mampukah kita menyerupai DIA dalam hal ini?                   jp