Berdampak

by samuelyasa


“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”                                                              Matius 5: 16

 

            Pengajaran Tuhan Yesus tentang garam dan terang dalam bagian ini sesungguhnya memberikan nilai tersendiri bagi para murid dan pengikut Tuhan, sebab mereka yang dipilih dan dipanggil oleh Allah telah dipersiapkan Allah untuk dapat memberikan dampak (pengaruh) yang benar dalam dunia yang hambar dan berada dalam kegelapan. Manusia telah terbelenggu dalam kuasa dosa dan berada dalam kematian rohani serta berada dalam kegelapan moral, yang menjadikan manusia semakin jahat dan bertindak menurut kehendaknya sendiri.

 

Dalam perjalanan hidup Tuhan Yesus selama di dunia, apa yang dikerjakan oleh Tuhan selalu memberikan dampak yang sangat berguna bagi banyak orang. Bukan saja Ia menyatakan Kerajaan Allah dan menyelamatkan orang berdosa, namun disisi lain, Ia memberikan pengaruh dan nilai yang membawa orang untuk datang kepada Allah. Kepada para murid-Nya, Tuhan memberikan identitas yang mungkin mengejutkan mereka, namun mereka sangat memahami identitas itu. Mereka disebut sebagai “Terang dan Garam” yang memberi nilai tersendiri sebagai murid Tuhan, yaitu bahwa mereka adalah orang-orang yang harus memiliki dampak yang positif bagi orang lain.

 

Keberadaan cahaya tidaklah mungkin dapat disembunyikan. Orang-orang percaya sesungguhnya adalah terang di dalam Tuhan, hendaknya juga bersinar bagi Tuhan. Baik melalui kekudusan hidupnya maupun “perbuatan baiknya” setiap orang percaya harus terlihat nyata dan berdampak, sehingga melalui kesaksiannya, orang lain akan turut mempermuliakan Tuhan. Untuk hal inilah kita dipanggil dan dipilih oleh Allah, yaitu memberikan dampak Kerajaan Allah bagi dunia yang berdosa.

 

Doa: Tuhan Yesus, ajarku menyadari makna hidup yang sesungguhnya, yaitu memahami panggilan dan tugas mulia yang Engkau percayakan kepadaku, agar aku dapat memuliakan nama-Mu. Amin.                            Giant