MENAFSIRKAN MISI ALLAH

by samuelyasa


28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. 17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. 18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”                          (Matius)

 

Pelaksanaan Misi Amanat Agung sering kali menghadapi halangan dan itu sesuatu yang biasa, bahkan dapat dikatakan pasti terjadi. Biasanya halangan ini muncul sebagai factor eksternal yang berada berseberangan dengan kekristenan. Mulai dari mereka yang terang-terangan menentang kekristenan sampai mereka yang yang sesungguhnya “serigala berbulu domba.”  Sementara di sisi lain muncul halangan karena factor internal, yang dimulai dari mereka yang tidak taat (menolak) untuk melaksanakan amanat ini sampai kepada mereka yang memiliki pemahaman yang kurang tepat perihal amanat Agung ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penghalang internal yang dikarenakan pemahaman yang keliru seringkali dikarenakan oleh bagaimana ia menafsirkan amanat Agung itu sendiri, khususnya yang dicatatkan dalam  Matius 28:16-20. Sekali waktu saya berjumpa dengan seseorang yang telah lama menjadi Kristen, bahkan telah menjadi pengurus gereja. Namun ketika berbicara tentang amanat Agung ia mengatakan bahwa itu bukan tugas dan tanggung jawabnya; itu bukan tanggung jawab yang Tuhan percayakan kepada dirinya dan kepada orang-orang Kristen di zaman ini.  Amanat Agung itu diberikan dan ditugaskan oleh Yesus kepada murid-2Nya sebagai mana yang dicatatkan dalam ayat 16-17. Hanya kepada merekalah tugas itu dipercayakan. Bukan kepada kita di zaman ini, dengan kata lain itu tidak berlaku bagi kita. Merespon hal demikian bagaimanakah tanggapan anda?               jp

Iklan