NILAI KRISTIANI TAK MEMANDANG USIA

by samuelyasa


4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.                                                                          (1 Timotius)

Timotius adalah seorang muda yang dipercayakan pekerjaan yang besar, menjadi pemimpin sebuah jemaat . Jemaat yang bukan anak kecil tetapi mereka yang dewasa, yg mungkin di antaranya memiliki pengetahuan yang luar biasa tentang Taurat.

Bagi Paulus semuanya itu bukan penghalang, karena sebagai  seorang pelayan Kristus yang dibutuhkan adalah hati yang tunduk pada firman Tuhan, hidup yang menyatakan Tuhan . Karena pada zaman itu begitu banyak orang yang tahu akan kebenaran Firman Tuhan yang menghafal Taurat dengan baik tetapi tidak mengenal dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka  Sehingga hidup mereka, cara berpikir mereka tetap seperti orang fasik yang tidak mengenal Tuhan.  Karenanya dengan tegas Paulus katakan “jangan seorangpun menganggap engkau rendah!”  Menghidupi nilai kekristenan dalam diri kita, tidak mengenal usia, ketika kita mengakui Tuhan sebagai Juruselamat kita, sebagai Tuhan atas hidup kita, maka kita harus mengeluarkan buah-buah hidup kekristenan, dalam perkataan, tingkah laku, kasih dan kesetiaan.

Keteladan menjadi kunci hidup kekristenan yang dibangun,
Tanpa keteladanan maka kekristenan tidak ada bedanya dengan mereka yg disebut Farisi, tahu  tentang Firman tetapi tidak melakukannya, hanya menjadikan sebagai  tolak ukur untuk menghakimi hidup orang lain.
Dalam hidup sosial kita, dalam dunia kerja, dirumah di masyarakat, digereja, nilai-nilai apa yg mewarnai hidup kita? Mari sejenak merenungkan hal ini dan ambillah waktu untuk berdoa.                                                    hp