NILAI KRISTIANI → ALKITAB

by samuelyasa


119:9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Mazmur

Anak muda sekarang kalau mendapatkan bacaan  ini bisa saja tidak senang, karena mereka akan merasa seperti bepergian diawasi oleh orangtua. Karena itu berarti kehidupan yang mereka jalani harus sesuai dengan Firman Tuhan , atau mungkin bukan hanya anak muda, kita semua-pun akan merasa sangat tidak nyaman dengan Firman Tuhan ini. Karena yang dimaksud disini bukan  secara harafiah hanya ditujukan kepada orang yang muda secara usia tetapi lebih diujukan pada semua orang.

Menjadi seorang yang percaya itu anugerah Tuhan, tetapi menjadi seorang yang dewasa itu sebuah keputusan kita sendiri.
Nilai-nilai kekristenan sesungguhnya tidak pernah berubah, Alkitab adalah dasarnya, tetapi manusia  dengan ukurannya  yang tidak lagi sempurna menurunkan nilai-nilai itu, baik dalam dunia bisnis, dunia sekolah, bahkan dalam kehidupan bergereja, yang jelas-jelas berhubungan dengan kehidupan beribadah kita. Alasan sederhana dan sepertinya masuk akal, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan tempat di mana kita hidup, penyesuaian seperti apa yg dimaksudkan, kontektualisasi seperti apa yang direalisasikan?

Nilai kekristenan tidak berdasarkan tempat di mana kita hidup, bekerja, karena dimanapun terhadap siapapun standarnya sama, nilai yg dibangun itu sama. Alkitab adalah sumbernya, Firman Tuhan adalah dasarnya.

Mari memikirkan kita membangun. hidup kita apa yang menjadi pedomannya, nilai apa yang keluar dari kehidupan kita ketika orang mengenal kita, , nilai cincai, asal Tuan senang , kamu begitu aku begitu – lah , ataukah sesuai Firman- Nya?                                                   hp