DISELAMATKAN & MASUK DALAM KOMUNITAS

by samuelyasa


2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.                                                    (1 Petrus)

 

 

“Dahulu bukan umat Allah tetapi sekarang menjadi umat-Nya; dahulu tidak dikasihani tetapi sekarang beroleh belas kasihan Allah,” adalah sebuah tema  luar biasa yang juga dikumandangkan baik oleh Hosea dengan Lo-Ami dan Lo-Ruhama-nya dan juga oleh Paulus dalam suratnya kepada Jemaat di Roma. Tema ini menggambarkan beberapa hal, antara lain:

  • Dahulu. Kondisi dahulu sebagai orang-orang yang hidup dalam kegelapan dan sebagai orang-orang yang tidak mendapatkan belas kasihan-Nya. dan yang jelas kita bukanlah umat Allah.
  • Sekarang. Kondisi yang mengalami perubahan total sehingga kita disebut sebagai bangsa terpilih, imamat rajani, bangsa yang kudus dan disebut sbg umat Allah yg mendapatkan belas kasihan-Nya.
  • Perbuatan Allah yang Besar.  Ini tidak bicara tentang keajaiban Allah yang bersifat sementara dan badani; dan bukan pula sebagai kasih pemeliharaan Tuhan yang menopang kehidupan kita. Melainkan perbuatan Allah yang menyelamatkan, yang memanggil keluar dari dosa dan memberikan status baru sebagai umat pengasihan-Nya.
  • Sekalipun keselamatan adalah karya Allah yang menyentuh pribadi demi pribadi namun menghisapkan kita dalam komunitas Allah, sehingga bangsa yang dimaksudkan bukanlah bangsa dalam pengertian sekuler yang memiliki system pemerintahannya, teritorialnya dan kedaulatannya. Bangsa dalam hal ini dipahami sebagai komunitas milik-Nya yang dibentuk oleh panggilan-Nya melalui dan di dalam Kristus Yesus.                                             jp