KOMUNITAS ALLAH

by samuelyasa


2:38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.” 40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: “Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini.” 41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.                  (Kisah Para Rasul)

Alasan terkuat sebuah komunitas disebut dengan komunitas Kristen atau komunitas Allah adalah orang-orang yang mengalami pertobatan dengan menyadari segala dosa dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sehingga menjadikan mereka milik Allah dan memiliki nilai-2 Kristus.  Bukan sekedar sebuah komunitas dg identitas-2 atau symbol-2 kristen, dan bukan pula sebuah komunitas yg  memiliki Christian Activity.

            Seperti yang saya singgung dalam Pastorline edisi Januari 2013 perihal masyarakat yang bertendensi membentuk komunitas-2 baru dalam hidup mereka, selalu memiliki sesuatu yang dianggap sebagai alasan utama mengapa mereka berkumpul. Hal itu berkisar di hobi, homogenitas dan kepentingan-2 yang sama, dan di sanalah mereka menemukan identitasnya dan sangat bangga dengan itu.  Walaupun ada yang terbentuk dan bubar seumur jagung, namun tidak sedikit yang bertahan dan ada orang-2 yang memperjuangkannya agar memiliki kelanggengan.

Pernahkah anda pikirkan apa yang menjadi identitas utama komunitas Allah? Dan tahukah bagaimana anda memperoleh identitas itu? Apakah anda bangga dengan identitas tersebut, dan apakah anda memperjuangkan eksistensi komunitas Allah (sebagai tanggung jawabmu) dan berupaya untuk setia dan menghidupi nilai-2 yang ada di dalamnya? Adakah keinginanmu untuk mengembangkan komunitas ini?             jp