PELUANG SELALU ADA

by samuelyasa


Lalu kata raja kepadaku: “Jadi, apa yang kauinginkan?” Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit, kemudian jawabku kepada raja: “Jika raja menganggap baik dan berkenan kepada hambamu ini, utuslah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali.”                                       Nehemia 2:4-5

 

Nehemia menghadapi pergumulan yang berat, karena tembok Yerusalem yang menjadi kebanggaan dan simbol kekuatan Israel terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya terbakar.Sulit bagi Nehemia untuk melakukan sesuatu yang bisa menolong bangsanya.Alasannya masuk akal, karena Nehemia berada di bawah kekuasaan dan kendali raja Artahsasta.Nehemia bertugas sebagai salah satu juru minum raja, yang sudah pasti waktunya tidak bisa diatur semau Nehemia sendiri.

 

Nehemia terdesak dari dua sisi. Satu sisi Nehemia bergumul untuk bangsanya yang sedang dalam kesusahan dan ia ingin sekali menolong saudara-saudara sebangsanya (lihat ps 1). Tapi di sisi lain Nehemia berada dalam ikatan kerja dari raja bangsa lain yang sudah tentu tidak akan memusingkan diri dengan penderitaan bangsa Israel. Ya, tampaknya Nehemia menemui jalan buntu!

 

Namun apa yang terjadi ketika Nehemia membawa semua pergumulannya ke hadapan Tuhan, baik pergumulan untuk membangun kembali tembok Yerusalem (ps 1:4-10) mau pun pergumulan meminta izin dan kemudahan kepada raja Arthasasta (ayat 4)? Tuhan memberi kemudahan bagi Nehemia.Bahkan bukan saja izin dari raja untuk pergi dalam jangka waktu yg cukup lama, bahkan segala keperluan yg dibutuhkan Nehemia untuk membangun tembok Yerusalem pun diberikan Tuhan.

 

Selalu ada peluang bagi anak-anak Tuhan.Bahkan ketika lingkungan rasanya tidak memungkinkan. Tuhan memberi Nehemia kepekaan hati untuk mengusahakan kesejahteraan orang Israel, dan Tuhan yang sama memberi kita juga kepekaan hati untuk peduli dengan orang2 yang membutuhkan. Jangan cepat menyerah, ketika kita menemui jalan buntu, karena Tuhan selalu membuka segala kemungkinan bagi anak-anak-Nya.Selalu ada peluang untuk kita membangun & melaksanakan kepedulian kita bagi saudara2 kita yg membutuhkan.           Kvn