Kepedulian Adalah Wujud Kasih Kristus

by samuelyasa


“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”                                             Galatia 6:2

 

Kasih Kristus, itulah bingkai dari perbuatan kasih kepada sesama, yang menyentuh kehidupan sesama. Ternyata tuntutan ini menjadi penting, ketika banyak orang tidak mengindahkan tindakan nyata yang harus dilakukan dalam kehidupan ini.Beriman hanya di dalam konsep, tersimpan di dalam hati, tidaklah baik, bahkan bertentangan dengan Alkitab.Segala sesuatu yang kita percaya harus mewujud di dalam perbuatan dan tindakan nyata.

Gereja seharusnya menjadi wadah kasih persaudaraan diwujudnyatakan.Ada teguran atas kesalahan, ada pertobatan dari kesalahan yang dilakukan, ada pengampunan untuk orang yang bertobat, dan ada hormat kepada orang yang menegur.Semua itu harus dilandaskan didalam kasih Tuhan.Kata “bertolong-tolonganlah” menunjuk kepada tindakan bersama-sama.Ada kalanya, seseorang itu “kuat’” dan adakalanya “lemah”.Maka kata ini mengajak kita untuk peduli kepada sesama. Mau menolong, berpihak, dan solider terhadap berbagai pergumulan yang dihadapi oleh orang lain. Sebab hal tersebut adalah bagian dari panggilan hidup kristiani.

Paulus melihat bahwa kepedulian terhadap sesama bukan hanya sekedar rasa solidaritas atau kedermawanan semata, melainkan sebagai wujud ketaatan kepada hukum Allah.Artinya hal tersebut merupakan perintah Allah yang sangat penting yang harus ditaati setiap orang percaya. Seorang penulis menegaskan hal yang sama tentang hal tersebut, bahwa “setiap kelalaian melaksanakan tugas kepada fakir miskin dan orang yang menderita adalah kelalaian pelaksanaan hukum Kristus.” Dan perlu diketahui bahwa menurut Paulus kepedulian terhadap sesama merupakan wujud kasih Kristus.

Ada banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan jamahan dan bantuan kita.Kita mungkin tidak punya banyak uang atau harta untuk menolong mereka, tetapi kita dapat memberi diri kita untuk melayani mereka.Kita bisa menjadi teman atau sahabat bagi mereka, mendoakan mereka, dan membantu sesuai dengan kemampuankita.Simpati yang bersahabat dan perasaan yang sungguh-sungguh memperhatikan orang lain akan dan tindakan-tindakan kecil yang kita lakukan akan sangat berarti bagi mereka bila kita lakukan didalam kasih Tuhan. Pertanyaannya apakah yang sudah kita lakukan bagi sesama kita?                                               Git

Iklan