Allah Saja Peduli

by samuelyasa


Dan TUHAN berfirman: “Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka                                                   Keluaran 3:7-10

 

Semasa kuliah saya pernah mengalami sebuah pergumulan yang cukup berat.Saya sempat mengalami masa-masa yang cukup sulit untuk saya jalani. Ditengah keterpurukan itu saya ingin sekali ada orang yang bisa mengerti saya, yang mau menjadi teman berbagi, lalu menepuk pundak saya dan berkata: “tetap semangat” atau sekedar berkata “yang kuat, Tuhan tetap bersamamu”. Namun sayang, saya tidak menemukannya.Tidak ada seorang teman yang bisa mengerti saya, bahkan menjadi tempat berbagi dalam duka.

Saya merasa sendiri, dan merasa seolah tidak ada seorangpun yang mau peduli dengan masalah yang sedang saya alami.Ditengah pergumulan yang berat tersebut Tuhan mengingatkan saya, bahwa arti kehadiran Tuhan itu terlebih berharga dari pada sahabat terdekat sekalipun.Meskipun tidak ada seorangpun yang mau peduli dengan keadaan kita, tetapi perlu kita ketahui bahwa Allah mengerti dan Allah peduli dengan segala persoalan yang kita hadapi.

Musa mengingatkan kita tentang kebenaran tersebut dalam Keluaran 3, ketika bangsa Israel ditindas oleh bangsa Mesir.Bangsa Israel sangat menderita, diperbudak selama ratusan tahun.Mereka berseru-seru meminta pertolongan, tapi pertolongan itu tak kunjung datang. Mungkin mereka mulai merasa bahwa Tuhan membiarkan mereka atau telah meninggalkan mereka, namun Alkitab menyaksikan bahwa Allah tidak pernah tinggal diam. Allah memperhatikan kesengsaraan bangsa Israel, Ia juga mendengar seruan mereka, dan mengerti segala penderitaan yang mereka alami. Allah peduli dengan kesengsaraan bangsa Israel, oleh sebab itulah Allah mengutus Musa untuk membebaskan bangsa Israel.

Mungkin saat ini anda sedang mengalami pergumuan yang berat, anda sedang mengalami kejatuhan dan merasa tidak ada seorangpun yang peduli terhadap anda, ingatlah bahwa Allah peduli. Allah peduli akan pergumulan yang anda alami. Allah yang telah mempedulikan umat Israel dalam penderitaan mereka di Mesir, Ia pasti akan mempedulikan anda. Oleh sebab itu belajarlah juga untuk mempepedulikan kesusahan orang lain, sebab Allah pun sangat mempedulikan apa yang menjadi kesusahan dan kesulitan anda.                                                                          Git