Mengasah Kepedulian Anda

by samuelyasa


Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita – dalam bahasa Yunani Dorkas.Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.                                                                             Kis. 9:36

 

Kota Yope dahulu merupakan pelabuhan yang penting dibagian selatan Palestina. Artinya kota Yope termasuk pusat perekonomian dan perdagangan. Sebagai pusat ekonomi dan jalur perdagangan tentu Yope menjadi kota yang maju pada masanya. Ditengah hiruk pikuk kota Yope hiduplah seorang sederhana bernama Dorkas. Mungkin Dorkas hanya perempuan biasa, tidak sekaya orang lain, tetapi ia memiliki hati yang mulia dan kepedulian yang besar terhadap sesama.

Kehidupan kota cenderung menawarkan budaya individualisme dan hedonisme. Banyak orang hanya memikirkan dirinya sendiri, dan tidak mau peduli dengan kesusahan dan penderitaan yang dialami oleh orang lain. Namun Dorkas memiliki cara hidup yang berbeda. Sebagai murid (orang yang sudah percaya Tuhan Yesus) Dorkas memahami betul panggilan hidupnya, yaitu untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia. Hal tersebut kemudian ia wujudkan dengan kepeduliannya terhadap janda-janda dan orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Mungkin dimata dunia Dorkas hanyalah ‘orang kecil’, tapi ia mampu melakukan hal yang besar, dimulai dengan melakukan hal-hal yang kecil. Dorkas tahu bahwa kasih Allah tidak berhenti hanya sebatas pada wacana atau rasa kasihan saja, tetapi bergerak untuk melakukan tindakan nyata dalam menolong orang lain. Ia terjun langsung, dan secara nyata mengalirkan kasih Tuhan kepada orang lain, memberkati orang lain dengan apa yang ia miliki dan yang mampu ia perbuat. Meski bukan siapa-siapa, dan dengan segala keterbatasan, kepeduliannya telah membawa kemuliaan bagi nama Tuhan.

Kita seringkali terjebak didalam rutinitas hidup, di mana pekerjaan, keluarga, dan berbagai kepentingan pribadi sangat menyita waktu dan perhatian kita, sehingga kita tidak sempat melakukan sesuatu untuk orang lain. Untuk itu kita perlu mengasah kepekaan terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita, supaya kita dapat memiliki kepedulian yang tinggi terhadap berbagai masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh orang lain. Mungkin saat ini ada orang disekitar kita sedang membutuhkan pertolongan, untuk itu ulurkanlah tangan, dan lakukanlah sesuatu untuk orang tersebut meskipun itu sangat kecil atau sederhana. Sebab ditangan Allah hal kecil yang kita lakukan akan berdampak besar.                             Git