PELAYANAN TOTAL

by samuelyasa


Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.”  Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.”

Matius 14:15, 16 (baca dari ay. 12-21)

 

Ayat di atas merupakan bagian dari kisah Yesus memberi makan 5.000 orang. Sebelum peristiwa itu terjadi Tuhan Yesus menerima kabar bahwa Yohanes Pembaptis telah dibunuh, lalu Ia hendak mengasingkan diri dengan sebuah perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi begitu mendarat sudah berkumpul banyak orang yang ingin dilayani dan hatinya kembali tergerak oleh belas kasihan. Singkat cerita Tuhan Yesus melayani mereka sampai mulai malam.

 

Yang menarik dari kisah selanjutnya adalah murid-murid berpikir mudah saja agar mereka disuruh pulang dan membeli makan. Tetapi kita melihat Tuhan Yesus mengajar para murid untuk melayani orang banyak itu.  Kalau toh orang-orang tersebut pulang belum tentu juga mereka bisa mendapat makanan karena hari sudah mulai malam dan tempat mereka berkumpul jauh dari daerah keramaian. Tuhan Yesus mengajar para murid untuk melayani secara total. Mereka harus berusaha mencari makanan dari apa yang ada lalu menyerahkannya kepada Tuhan dan akhirnya mereka menyaksikan karya Tuhan yang luar biasa mencukupi makanan yang dibutuhkan orang banyak itu.

 

Dari peristiwa ini kita melihat perasaan belas kasihan dilanjutkan dengan tindakan untuk melayani secara utuh. Mari kita melayani sebagaimana Tuhan telah melayani. Ketika perasaan belas kasihan muncul, biarlah itu dilanjutkan dengan tindakan pelayanan yang total.

 

Doa: Ampuni kami ya Tuhan kalau selama ini kami belum melayani secara total. Tuhan tolong kami untuk peka melihat tindakan apa yang harus kami lakukan untuk menolong sesama kami. Amin.          -va