PENUH BELAS KASIHAN

by samuelyasa


Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.                                                             Matius 9:36

 

Salah seorang dosen di kampus kami adalah dosen yang sering mengatakan, “Sakno, sakno (kasihan)” setiap kali menyaksikan ada orang yang kesusahan. Tidak jarang juga ia langsung turun tangan membantu orang yamg sedang kesusahan tersebut. Ia juga sering mengajak kami  melayani ke rumah sakit. Di sana kami menyaksikan ada begitu banyak orang yang sedih, kesepian, bahkan ketakutan kalau sampai harus meninggal. Itulah kesempatan kami untuk menghibur, menguatkan dan membagikan cinta kasih Tuhan kepada manusia berdosa.

Dalam pelayanan-Nya di dunia Yesus menyaksikan ada begitu banyak orang yang hidupnya lelah, terlantar. Lelah di sini mengacu pada keadaan tidak berdaya menuju tidak sadar, terlantar adalah keadaan terserak, tercerai berai karena dihempaskan. Keadaan tersebut seperti domba yang tidak bergembala, tidak ada yang merawat, memimimpin, dan melindungi sehingga siap untuk dimangsa dan dicuri. Inilah keadaan manusia berdosa. Melihat keadaan demikian hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. Belas kasihan ini merupakan satu perasaan yang amat sangat dalam. Tuhan Yesus pun menolong mereka. Tuhan Yesus sendiri menyebut diri-Nya sebagai Gembala yang baik. Ia menyelamatkan manusia dari belenggu dosanya dan menyertai kehidupan umat-Nya.

Sebagai umat Tuhan yang sudah mengalami belas kasihan Tuhan, adakah kita memiliki perasaan yang sama dengan Tuhan Yesus ketika menyaksikan hidup banyak orang yang menuju pada kebinasaan dan dalam kesusahan? Mari minta Tuhan memberikan perasaan belas kasihan itu kepada kita sehingga kita rela dipakai Tuhan untuk menolong sesama kita membawa mereka mengalami kasih Tuhan.

 

Di dalam hidup yang penuh liku, banyak yang keluh kesah

Bawa t’rang-Nya ke tempat g’lap itu, yang susah dihiburkan

Jadikan aku saluran berkat dan pembawa kasih Kristus

Dengar doaku dan jadikanku saluran berkat bagi umat-Mu

-va

Iklan