MELEPAS HAK

by samuelyasa


yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.  –  Filipi 2:6, 7

 

Dalam pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) di SD dulu guru saya sering menekankan tentang sebagai warga negara yang baik kita harus lebih mengutamakan kewajiban dari pada menuntut hak. Kalau hal itu begitu ditekankan di sekolah, fakta dalam kehidupan bernegara justru kita melihat banyak aparat negara yang hanya memanfaatkan haknya tetapi tidak sungguh-sungguh menjalankan tanggung jawabnya dengan benar.

 

Lain halnya dengan Kristus Tuhan kita. Ia yang setara dengan Allah justru menganggap hal itu bukan hal yang harus dipertahankan. Ia yang adalah Pencipta rela hidup sebagai manusia yang adalah makhluk ciptaan dan Ia mengalami semua penderitaan yang manusia alami. Ia bisa merasakan lapar, haus, letih, dan sakit padahal Ia adalah Allah yang perkasa dan Maha Kuasa. Semua itu Ia lakukan sebagai satu kewajiban untuk menggenapi misi yang diberikan Allah Bapa, yaitu menyelamatkan manusia berdosa.

 

Sebagai anak Tuhan sudah seharusnya kita meneladani Kristus. Kita tidak menjadi orang yang hanya menuntut hak kita, tetapi kita taat melaksanakan segala tugas tanggung jawab kita sebagai murid-Nya dengan menjaga hidup kudus dan hidup menyaksikan cinta kasih Kristus kepada banyak orang. Kalau Kristus yang adalah Tuhan rela mengesampingkan segala hak-Nya, maka kita yang adalah manusia juga harus belajar seperti Dia.

 

Doa: Ya Tuhan, terima kasih karena sudah rela turun ke dunia menjadi manusia untuk menilik manusia berdosa dan tolong kami untuk hidup meneladani-Mu. Amin.    -va