BELAS KASIHAN (4)

by samuelyasa


14:21 Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita.

 

14:31 Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia.(Amsal)

 

 

Pernahkah anda merenungkan kondisi GKA Zion dalam hal berjemaat dengan kemajemukan manusia yang ada di dalamnya?Bagi saya WOW luar biasa keindahan Tuhan yang terjadi di dalamnya. WOW itu sebuah ungkapan kekaguman, namun ada persyaratan yg harus dimiliki. WOW is Wonder ßOpen Wide. Hanya bagi mereka yang membuka lebar mata fisik terlebih mata hati yang dapat merasakan keajaiban-Nya.

 

Betapa tidak? Lihatlah keragaman itu – ada yang tinggi, sedang dan pendek; ada yang putih, kuning, sawo matang sampai matang; ada yang keriting, lurus dan berombak; ada yang kaya, menengah dan sederhana; ada yang berpendidikan, putus sekolah sampai yang tidak mengenyam bangku pendidikan formal; ada yang ganteng, cantik dan biasa-2 saja; belum lagi kita yang berasal dari berbagai suku yang Tuhan ciptakan. Yang majemuk & beragam ini berdiri bersama & menengadahkan hati untuk memuji dan menyembah Allah Pencipta dan Allah Penebus yang sama, dan semuanya yang beragam ini adalah gambar dan peta teladan Allah, Sang Khalik itu.

 

Bila kita menyadari hal ini, bagaimanakah cara kita menyikapi dan menghidupi dalam berjemaat?  Apakah kita adalah orang-orang yang berbahagia karena kita telah menaruh belas kasihan kepada yang menderita? Atau kita adalah orang yang berbahagia karena ada yang menderita? Atau kita adalah orang yang menderita karena ada yang berbahagia? Akhirnya kita menghina dan menindas orang lain?  Pertanyaan lain, apakah kita adalah orang yang telah memuliakan Tuhan karena menaruh belas kasihan kepada orang yang membutuhkan? Atau sebaliknya, apakah kita adalah penghina-penghina TUHAN?             jp