BERSANDAR KEPADA TUHAN

by samuelyasa


Mat.24: 20-21,” Berdolah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi.”

Berjagalah
Jaman sekarang berjagalah
Lihat dunia bergelora
Kedengaran sana-sini
Banyak kabar menggemparkan
Berlindunglah pada salib Kristus

Syair lagu di atas mengingatkan kita bagaimana kita harus waspada menjelang zaman akhir. Sepanjang sejarah Kekristenan, sering mengisahkan anak-anak Tuhan yang murtad, yang meninggalkan imannya karena berbagai-bagai pencobaan. Matius 24: 10 menandaskan bahwa banyak orang yang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. Kita tidak tahu apa maksud dari kata” banyak yang murtad.” Apakah yang murtad itu lebih banyak dari yang tidak.
Tuhan Yesus mengingatkan para murid-Nya, agar mereka berdoa. Jadi Tuhan tahu, kalau kita hanya mengandalkan kekuatan kita sebagai manusia, tidak akan menang. Justru kita akan mengalami kehancuran. Hanya, permasalahan serius yang sedang di alami manusia pada masa kini, manusia tidak peduli akan Allah. Paulus di dalam 2 Tim.3: 1-2, mengungkapkan bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterimakasih, tidak mempedulikan agama.
Kalau manusia memiliki kepribadian seperti yang dikatakan Paulus, tentu mereka akan mengalami kesulitan mengandalkan Allah dalam menghadapi penderitaan yang sangat hebat pada zaman akhir. Biarlah ini menjadi batu peringatan bagi kita, agar kita tidak termasuk dalam kelompok orang-orang zaman akhir di atas. Mari kita tetap bersandar kepada kekuatan Tuhan yang membimbing kita kepada kebenaran dan kemenangan. Percayalah kepada Tuhan dan jangan bersandar kepada kekuatanmu sendiri.
Doa: Tuhan ajar kami menghitung hari-hari, agar kami beroleh hati yang bujaksana, dan kami hanya bergantung kepada-Mu saja! Amin! FD