KEHANCURAN YANG MENGERIKAN

by samuelyasa


Mat. 24: 29-31,” Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari alngit dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu akan tampak tabda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan Ia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, adri ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.”

Film 2012 disutradarai oleh Roland Emerich. Film ini menggambarkan dahsyatnya kehancuran dunia pada hari kiamat, yang diperkirakan terjadi pada tahun 2012. Sang sutradara terinspirasi dari ramalan kalender suku Maya Kuno. Suku Maya Kuno memiliki kalender yang menceritakan peristiwa-peristiwa baik yang terjadi dimasa lalu maupun yang akan datang. Perhitungan dalam kelender tersebut terhenti pada 21-12-2012. Hal inilah yang diyakini sebagai hari kehancuran bumi.
Film ini diawali dengan dideteksinya permukaan bumi yang semakin panas, lalu inti bumi mengalami ledakan yang mengakibatkan lapisan bumi yang selama ini meNovemberang kulit bumi mengalami kehancuran. Pada waktu terjadi kehancuran itu, disana diperlihatkan bagaimana gedung-gedung pencakar langit di kota-kota besar runtuh berantakan, terjadi kebakaran yang begitu hebat. Begitu mengerikan.
Kedahsyatan kehancuran yang terjadi yang digambarkan dalam film itu, sangat mungkin dipengaruhi oleh cerita dari firman Tuhan yang kita kutip di atas. Di sana dikatakan bahwa mata hari akan menjadi gelap, bulan tidak bercahaya. Jadi, tidak ada cahaya sama sekali. Bisa kita bayangkan betapa gelapnya waktu itu. Tidak sampai disitu, bintang-bintang berjatuhan, sangat mungkin menimpa bumi dengan penghuninya, yakni manusia. Gambaran yang disampaikan berita ini begitu mengerikan. Perhatikan, ini bukan dongeng, apalagi ramalan. Tetapi ini fakta yang akan terjadi ketika Kristus datang. Yang menjadi masalah: Berapa lama peristiwa ini terjadi, baru kemudian Tuhan Yesus datang? Berita ini ditulis menjadi peringatan bagi kita, agar kita sebagai anak Tuhan, siap sedia ketika waktu itu datang. Dan biarlah kita tetap bertahan dalam iman kepada Kristus. FD