MESIAS PALSU

by samuelyasa


Mat.24: 3-8,” Ketika Yesus duduk di atas bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia? Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.”

Beberapa tahun yang lalu bahkan sampai sekarang, ada banyak hamba Tuhan kalau berkhotbah sering berkata:” Tuhan berkata kepadaku, Tuhan berfirman kepadaku.” Celakanya, mereka juga melakukan penyembuhan. Mereka dengan mudah mengatakan kata-kata yang demikian, yang seolah-olah meneguhkan bahwa hanya melalui mereka Allah berfirman. Hal ini membingungkan jemaat Tuhan dan menjadi perdebatan di dalam gereja. Ada yang mengatakan bahwa, bisa saja Tuhan memakai mereka, karena kita melihat di dalam Alkitab, Allah memakai Paulus untuk menyembuhkan yang sakit. Juga Petrus pernah menyembuhkan orang yang lumpuh, bahkan sapu tangan Paulus sendiri ketika di letakkan di atas badan orang sakit, juga mengalami kesembuhan. Sebagian juga orang Kristen tidak percaya dan mengatakan kita lihat saja.
Memang tidak mudah untuk menilai, apakah ini pekerjaan Tuhan atau bukan. Pada faktanya ada orang sakit yang sembuh. Ketika datang pada acara KKR dan Penyembuhan tersebut, yang bersangkutan dalam keadaan sakit bahkan ada yang datang dengan digotong oleh keluarganya. Pulangnya, sudah bisa jalan sendiri. Namun, ada juga berita miring. Mereka sembuh hanya sementara saja, karena sesudah itu mereka kembali sakit. Mana yang benar? Mungkin juga kalau ditanya kepada para hamba Tuhan dari gereja tertentu, apaka ini mujizat dari Tuhan? Kebanyakan mereka tidak bisa memberikan jawaban dengan pasti.
Saudara-saudara, Yesus berkata:” Waspadalah jangan ada orang yang menyesatkan kamu.” Karena pada zaman akhir akan datang mesias-mesias palsu. Bisa saja melalui berbagai cara, salah satunya melalui penyembuhan, mereka menyesatkan umat Tuhan. Penyesat itu bisa juga melakukan mujizat. Biarlah mata rohani kita tidak hanya tertuju kepada mujizat, tetapi hanya kepada Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan kita dengan nyawa-Nya di atas kayu salib. FD