PENGHAKIMAN ALLAH. SUNGGUH ADA?

by samuelyasa


16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; 10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; 11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Yohanes

Bila dipikir lebih jauh sesungguhnya judul perenungan hari ini adalah kekonyolan dengan menanyakan perihal penghakiman Allah itu ada atau tidak. Paling tidak ada beberapa alasan untuk mempertegas kekonyolan tersebut, antara lain:
• Penghakiman sangat terkait dengan hakim, hukum dan segala tatanan yang diakibatkannya. Dan hal terpenting dalam penghakiman adalah mengedepankan keadilan dan kebenaran. Manusia dan peradabannya telah akrab dengan hal ini, walaupun upaya untuk memanipulasi selalu ada. Pembenaran dan berbagai upaya “legalisasi” terus berlanjut. Pertanyaannya, mungkinkah hukum dan hakim dunia ini merupakan bayang-2 atau gema dari hukum dan penghakiman Allah?
• Pertanyaan dan pernyataan yang penting adalah apakah Allah itu ada? Ya, Allah itu ada. Bila Dia ada, apakah IA akan menjadi hakim bagi manusia? Dengan natur apakah IA melakukannya, dengan kasih-Nya atau dengan keadilan-Nya? Dengan kebenaran-Nya atau dengan belas kasihan-Nya? Mungkinkah IA adil? Dengan pertimbangan apa dan siapa IA melakukannya? Bukankah pertanyaan-2 seperti ini yg sering dilontarkan untuk mengevaluasi keadilan Tuhan. Tidakkah IA pilih kasih?
Permasalahan yang serius adalah manusia selalu menjadi antinomian, meng-antinomos-kan kehidupan ini, yakni upaya untuk menolak dan meniadakan hukum. Entah berangkat dari keinginan akan kebebasan mutlak (walau tidak mungkin) atau karena kekecewaan dan keyakinan bahwa hukum manusia tidak ada yg adil dan benar.

Perenungan. Mungkinkah mereka yg antinomian ini berpikir juga bahwa Tuhan itu tidak ada sehingga manusia memiliki hak atas hidupnya sendiri? Atau mungkinkah justru hal ini juga muncul di kalangan orang-2 kristen yg kehidupannya berperilaku seolah-2 penghakiman Allah itu tidak ada? jp