PERGI UNTUK KEMBALI: MENYEDIAKAN TEMPAT UNTUK KITA

by samuelyasa


Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Yohanes 14: 2

Kepergian Tuhan Yesus dimaksudkan dengan sebuah tujuan untuk menyediakan tempat bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya. Tempat yang dimaksudkan di sini adalah sebuah tempat di dalam kekekalan. Sebuah tempat di mana roh manusia akan kembali kepada pencipta-Nya dan hidup di dalam kekekalan bersama dengan Tuhan.
Mendapatkan tempat dari Tuhan menjadi keinginan yang besar dari para murid. Itulah sebabnya Alkitab mencatatkan kisah tentang murid Tuhan yang menginginkan sebuah tempat terhormat ketika Ia datang kedua kali kelak. Permintaan untuk duduk di sebelah kanan dan kiri Tuhan Yesus menjadi keinginan para murid. Bukankah hal ini juga yang menjadi keinginan para murid yang lain?
Kepergian-Nya bukanlah untuk menyediakan tempat di sebelah kanan dan sebelah kiri-Nya tetapi kepergian-Nya adalah untuk menyediakan sebuah tempat di mana Ia dan orang-orang yang percaya bisa hidup bersama di dalam kekekalan. Hidup di dalam kebahagiaan dan kepastian yang sejati dari Tuhan.
Tempat seperti apakah yang kita harapkan kelak setelah kita mati? Yang pasti hanya ada 2 tempat yaitu surga dan neraka. Surga menjadi tempat di mana Allah berada dan orang-orang percaya berada di sana bersama-sama dengan Dia. Yang ada di dalam surga adalah kebahagiaan dan sukacita. Sedangkan neraka adalah tempat di mana penyiksaan kekal akan dilaksanakan. Yang ada di dalamnya hanyalah ketakutan, tangisan dan penyesalan yang sangat mendalam.
Hanyalah anugerah ketika engkau dan saya yang tidak layak ini mendapatkan kesempatan dari Tuhan untuk masuk ke dalam kekekalan dan hidup bersama-Nya di dalam sukacita yang sejati. Pikirkan pada hari ini mana yang menjadi pilihan Anda. Surga di mana Anda akan bersama-sama dengan Tuhan atau neraka di mana Anda akan mengalami penyiksaan yang tidak kunjung selesai, Penyesalan selalu datang belakangan oleh karena itu jadilah bijak di dalam memutuskan langkah Anda ke depan. Amin. Jho