Respon Yang Tepat

by samuelyasa


 

9Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.10Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

2 Korintus 5:9-10

 

Kehidupan kekal dijanjikan kepada kita ketika kita percaya kepada Yesus, namun bukan berarti bahwa kita meniadakan aspek tanggung jawab dalam hidup kita. Dalam banyak bagian di Alkitab, Tuhan meminta kita untuk hidup kudus dan benar di hadapan-Nya, karena suatu hari nanti kita akan menghadap takhta pengadilan Kristus. Paulus memberikan nasehatnya kepada setiap kita dalam ayat 9 dan 10, yakni untuk hidup berkenan di hadapan Tuhan. Nasehat ini dilandasi oleh kerinduan Paulus untuk hidup kudus di hadapan Tuhan, keyakinannya akan kehidupan kekal yang disediakan oleh Allah, juga keyakinannya akan adanya pengadilan Kristus bagi setiap orang.

Memang setiap orang percaya akan mendapatkan hidup kekal di surga, tapi bagaimanapun setiap orang baik orang yang percaya ataupun yang tidak, sama-sama akan menghadapi takhta pengadilan Tuhan. Penghakiman akhir bersifat universal bagi setiap orang. Orang yang tidak percaya akan diadili untuk menerima penghukuman kekal, namun orang percaya akan diadili untuk menerima pahalanya. Marilah kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita akan menerima pahala kita pada hari penghakiman akhir nanti? Itu bergantung pada respon kita saat ini. Oleh sebab itu marilah kita menata kehidupan kita, jangan sekedar puas dengan anugerah keselamatan yang Tuhan berikan, tapi mari hidup berkenan di hadapan Tuhan.

Hidup memang tidak mudah, banyak tantangan dan kesulitan, tapi itu bukan alasan untuk kita terhanyut dalam kesulitan hidup dan memilih respon yang tidak tepat. Mari melihat dengan mata iman kita, pengharapan yang Tuhan janjikan bagi kita, pengharapan itu jauh melampaui penderitaan kita sekarang ini dan biarlah itu yang menolong kita untuk hidup setia dan taat pada Tuhan, sehingga kita bisa mempertanggungjawabkannya di hari penghakiman akhir nanti.

Nix’z