MAKSIMALKAN DIRIMU

by samuelyasa


Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Pengkhotbah 9:10

          Ayat di atas mengingatkan kita bahwa setiap orang yang masih hidup diberikan kesempatan hidup memiliki pekerjaan yang harus dilakukannya. Pekerjaan ini mencakup area yang luas seperti pekerjaan di dalam keluarga di mana ada tanggung jawab sebagai suami/istri, orang tua/anak yang harus kita kerjakan. Di tempat institusi pendidikan bagi yang masih sekolah/kuliah kita harus belajar segala pengetahuan yang diajarkan. Di  institusi tempat kerja kita ada tanggung jawab profesi, tuntutan pekerjaan yang harus dikerjakan. Dalam dunia pelayanan di gereja kita harus aktif melayani sesuai dengan bidang pelayanan yang bisa kita kerjakan. Dalam kehidupan sosial bermasyarakat kita bisa berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan tempat tinggal kita ataupun ada tindakan sosial lain yang bisa kita lakukan. Segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang Tuhan percayakan untuk kita kerjakan harus kita kerjakan dalam rangka kita mau taat kepada Tuhan. Dengan demikian segala sesuatu yang kita kerjakan haruslah dikerjakan dengan sekuat tenaga, dengan rajin dan sungguh-sungguh sesuai dengan talenta dan panggilan yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Tuhan mengaruniakan keunikan dan talenta kepada setiap orang, maka kita harus menyadari itu dan memakainya di dalam segala hal yang kita kerjakan.

Sayangnya sering kali kita terjebak dengan kemalasan dan zona nyaman hidup kita yang membuat kita tidak mau susah dan menginginkan segala sesuatu yang hasilnya instan dan menguntungkan bagi diri kita, padahal segala sesuatu yang kita lakukan juga harus berdampak bagi orang-orang di sekitar kita. Kemalasan hanya akan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah Tuhan berikan dan membuat kita menesal di kemudian hari.

 

Doa: Tuhan, mampukna kami untuk bekerja dengan giat selagi ada kesempatan yang Kau berikan. Amin. -va

Iklan