TEBUSLAH WAKTUMU

by samuelyasa


Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan

Efesus 5:15-17

          Ada pepatah mengatakan time is money (waktu adalah uang). Benarkah demikian? Banyak orang zaman sekarang menghabiskan waktunya hanya untuk mendapatkan uang. Dengan waktu yang ada kita bisa mendapatkan uang, dengan uang kita merasa bisa mendapat apa yang kita inginkan. Tetapi dengan uang bisakah kita membayar waktu bersama dengan anak kita untuk mendidik mereka hidup benar? Hal itu baru akan terasa ketika anak sudah tidak mau lagi mendengar didikan kita karena mereka merasa orang tuanya sudah tidak memperhatikan mereka dan hanya bisa menuntut.

Rasul Paulus mengajarkan jemaat Efesus untuk memperhatikan kehidupannya dengan baik. Kata “pergunakanlah waktumu” sesungguhnya berarti “tebuslah waktumu”. Maka waktu merupakan hal yang sangat berharga sekali. Waktu yang lewat begitu saja akan terbuang dengan sia-sia. Kita harus terus belajar mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita sehingga apa yang kita lakukan selama kita hidup adalah yang sesuai dengan kehendak-Nya. Tuhan mempunyai rencana yang berbeda atas setiap pribadi kita yang harus kita jalankan untuk memancarkan kemuliaan-Nya dan menjadi saksi-Nya. Tetapi untuk hal ini ada tantangan yang dihadapi, yaitu hari-hari yang jahat, maksudnya adalah hari-hari yang penuh dengan masalah dan godaan yang bisa membuat kita lalai mengontrol waktu kita. Maka sudah seharusnya kita terus menjaga relasi kita dengan dia dalam ketekunan membaca firman Tuhan dan berdoa sehingga kita selalu peka terhadap apa yang Tuhan inginkan. Firman Tuhan merupakan sumber petunjuk untuk mengetahui kehendak Allah dan doa merupakan sumber kekuatan untuk melakukan kehendak Allah tersebut karena di dalam doa kita berserah dan mengandalkan kuasa Tuhan.

 

Doa: Tuhan ampuni kami untuk segala kelalaian kami menyia-nyiakan waktu yang sudah Kau berikan. Amin.          -va