ANDA TERHUBUNG DENGAN KEKEKALAN

by samuelyasa


Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir

Pengkhotbah 3:11

          Di dalam waktu-waktu yang kita jalani selama kita hidup ada berbagai kejadian yang terjadi, mulai dari hal-hal yang terbaik sampai hal-hal terburuk. Ada kalanya kita merasa jenuh dengan kehidupan yang kita jalani, bahkan mungkin pernah berpikir ‘lebih baik mati saja dari pada hidup seperti ini’. Raja Salomo mengingatkan kita bahwa di dalam segala hal yang terjadi dalam hidup manusia, Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Yusuf mungkin tidak pernah mengerti mengapa dia sampai dijual oleh kakak-kakaknya lalu harus bekerja sebagai budak, dan ketika prestasinya semakin baik justru dia difitnah oleh istri majikannya sehingga ia harus dipenjarakan. Tetapi dalam keadaan itu Yusuf tetap melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya dan bersandar kepada Tuhan, sampai akhirnya Yusuf melihat bahwa Tuhan ternyata punya rencana yang indah yang digenapi melalui hidupnya. Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan yang baik, maka Ia pun mau memimpin kita untuk melihat kebaikan tersebut.

Untuk bisa menyelami indahnya rencana Allah, Tuhan memberikan kekekalan dalam diri manusia. Itu sebabnya manusia bisa berhubungan dengan Tuhan Sang Desainer Agung itu. Dengan demikian di dalam relasinya dengan Tuhan, manusia harus belajar untuk mengerti rencana Tuhan bagi diri-Nya.

Ketika kita melakukan segala aktifitas pekerjaan kita, ingatlah itu semua terkait dengan rencana kekal Allah. Kita tidak hidup hanya untuk memenuhi kebutuhan kita saja, tetapi melalui hidup kita Tuhan bisa memakai kita untuk menjadi berkat bagi sesama kita, membawa orang menyaksikan kemuliaan Tuhan, bahkan membawa orang untuk datang menerima Dia.

 

Doa: Tuhan, kami mau dipakai untuk menggenapkan rencana kekal-Mu di dunia yang fana ini. Amin.         -va

Iklan