PENGADILAN YANG TRANSPARAN

by samuelyasa


Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkai ke pengadilan!

Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

Pengkhotbah 11:9; 12:14

          Saat ini negara kita sedang berusaha menyingkapkan kejahatan korupsi dan penyuapan. Ada oknum-oknum tertentu yang dengan kedudukannya bisa menyembunyikan segala tindakan korupsi dan penyuapan yang dilakukannya. Sulit sekali untuk menyingkapkan berbagai kasus korupsi dan penyuapan yang terjadi karena sudah terlalu banyak pihak yang terkait di dalamnya.

Raja Salomo, sang penulis Kitab Pengkhotbah mencatat tentang kehidupan manusia yang fana di muka bumi. Pengkhotbah mencatat tentang kesia-siaan hidup manusia di dunia. Tetapi kitab ini  diakhiri dengan penghakiman terhadap seluruh umat manusia pada pengadilan Allah. Hakimnya adalah Allah yang Maha Tahu dan Maha Adil sehingga pengadilan tersebut adalah pengadilan yang paling transparan. Semua perbuatan yang tersembunyi sejak zaman penciptaan akan disingkapkan, entah itu baik atau jahat. Tidak ada yang bisa disembunyikan di hadapan Sang Hakim Adil itu. Pada saat itulah semua kesia-siaan di dunia akan hilang karena semua manusia akan menerima hasil kekal dari segala perbuatannya.

Menyadari perjalanan hidup kita sedang menuju pada pengadilan Tuhan, marilah kita mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Mari kita terus mengusahakan kekudusan hidup, taat pada segala pimpinan-Nya. Jangan kita melakukan hal yang tidak benar yang berusaha kita tutupi di hadapan orang lain karena kelak semuanya akan tersingkap di dalam pengadilan Allah.

 

Doa: Ya Tuhan, tuntunlah kami untuk selalu hidup benar di hadapan-Mu dan jauhkanlah kmi dari yang jahat. Amin. -va

Iklan