BAGAIMANA CARANYA?

by samuelyasa


Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”   . . . Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yg datang kpd Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yohanes 14:2-6

 

Kekristenan seringkali dituduh & ditempatkan sbg agama yg paling benar, mau benarnya sendiri dan sangategois khususnya berkenaan dengan doktrin keselamatan, karena kekristenan mengklaim bahwa keselamatan itu hanya ada di dlm Kristus Yesus, berarti tidak ada cara & jalan yg lain utk mencapainya.   Tetapi itulah fakta iman Kristen yang kita percayai, dan dogma ini bukan buatan manusia melainkan Allah sendiri di dalam Kristus Yesus yang telah menyatakannya.

Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.Penolakan terhadap eksklusivitas doktrin ini – sekalipun kita seorang Kristen yang merasa perlu bertoleran kepada keyakinan lain – adalah sebuah pengingkaran terhadap pernyataan Allah sendiri, pengingkaran terhadap sebuah kepastian & jaminan yang Tuhan nyatakan. Dengan kata lain, bila IA berkata hanya melalui-Nya kita dijamin dapat datang kepada Bapa dan tinggal bersama-Nya, maka itu juga berarti manusia dijamin tidak akan sampai kepada Sorga bila tidak melalui-Nya. Sinak fakta-2 ini:

  1. FAKTA. Banyak orang meyakini bahwa ada keselamatan di luar Kristus, & mempraktekkannya melalui kehidupan agamawi-nya. Sia-2 dan tidak mendapatkan jaminannya.
  2. FAKTA. Tidak ada seorangpun yg sanggup melaksanakan tuntutan-2 keagamaannya.
  3. FAKTA. Setiap agama menuntut setiap pengikutnya utk melakukan perintah & hukum agamanya. Tidak perlu menjadi percaya & beriman kpd pendiri/pemimpin agamanya. Tidak demikian dg kekristenan, percaya Yesus bagian  integral dlm iman  percayanya.
  4. FAKTA. ONE WAY JESUS. Alkitab menuliskan bahwa tidak ada keselamatan di luar Kristus. (Yohanes 14:6)