TUKANG JAM

by samuelyasa


Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.                                             Kolose 4:5

 

Saya memiliki beberapa jam yg saya sukai, 2 jam meja dan khususnya sebuah jam dinding. Ada beberapa alasan untuk itu. Jam tersebut berbentuk klasik dan berusia hampir setengah abad; berdentang setiap setengah jam sekali dan berdentang sejumlah jam yang ditunjukkan (berdentang 12 kali pada pukul 12). Jam-2 ini dioperasikan oleh pegas yg harus kita putar agar berfungsi. Jam-2 meja biasanya 2 hari sekali, sementara jam dinding bisa mencapai 20 hari untuk diputar kembali.  Bila kita tidak melakukan pemutaran thd pegas  maka berhentilah jam tersebut sbg alat penunjuk waktu, hanya berfungsi sbg hiasan atau dekorasi rumah.

Ada sebuah gambaran yang dilontarkan bahwa kita manusia ini seperti jam-2 tersebut, dan Tuhan sebagai tukang jam yang memproduksinya. Manusia hidup karena Tuhan telah memutar “pegas” kehidupan itu dan manusia sedang menuju pada akhir perjalanannya bertepatan dengan kapan tenaga dalam “pegas” itu habis.  Dan setelah itu ya sudah!  Kalau diumpamakan, maka berapa lama manusia hidup tergantung pada jenis jam yg dibuat, seberapa banyak putaran yang diberikan pada pegas jam tersebut, seberapa bagus kualitas pegas tersebut untuk menyimpan tenaga dan seberapa sederhana dan rumitnya onderdil-2 yang mesti digerakkannya.

Pandangan seperti ini sama sekali tidak memungkiri Tuhan sebagai Pencipta, namun pemahaman dan pengenalan kepada Tuhan hanya sebatas itu. Bagi mereka tidak perlu mengenal Tuhan sebagai Juruselamat, tidak perlu mengenal Tuhan sebagai Hakim adil yang menuntut pertanggungjawaban selama hidup, tidak perlu mengenal Tuhan yang bertahta di Sorga dan rindu bersekutu dengan orang-2 diselamatkan-Nya.  Hidup ini dimulai dan akan menuju akhirnya. Apa yang ada dalam diri dan hidup manusia semua dilakukan dan tertuang dalam dunia ini saja. Tidak ada motivasi tentang kehidupan kekal yang menggerakkan manusia.

Anda dan saya berbeda. Kita telah mengenal Tuhan yang mencipta, yang memelihara, yang menebus, yang menjaga kehidupan orang-2 kudus dan yang menyediakan tempat bersama-Nya. bersediakah anda mempergunakan waktu yang ada dengan penuh hikmat. Dan sekali waktu harus kita pertanggung jawabkan di hadapan-Nya.             jp