BERAPA KALI? Matius 18:21-35

by samuelyasa


Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”                      

Matius 18:21

 

Mengampuni adalah topik yang mudah untuk dibahas, dikupas dan dikhotbahkan.  Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk mempraktekkan hal ini. Permasalahan ini juga dialami oleh Petrus dan hal ini membuat ia bertanya kepada Tuhan, sampai berapa kali ia harus mengampuni?  Setelah itu, Petrus menawarkan sebuah pilihan untuk mengampuni, yaitu tujuh kali.  Bagi Petrus, tujuh kali sudah cukup banyak.  Lalu, apa yang melatarbelakangi Petrus memiliki pandangan seperti itu?  Rupanya, pemikiran Petrus dipengaruhi oleh penafsiran para rabi Yahudi yang salah mengenai pengampunan.  Bagi mereka, dalam Amos 1:3, 9, 11, 13; 2:1, 4, 6 ditafsirkan bahwa mereka hanya perlu mengampuni sebanyak tiga kali saja.  Lalu, bagaimana jika orang yang sudah diampuni sebanyak tiga kali itu melakukan kesalahan lagi?  Ia tidak perlu diampuni.

 

Dengan menawarkan angka tujuh, Petrus merasa bahwa apa yang ia lakukan itu sudah cukup dan baik, karena melebihi apa yang berlaku pada saat itu.  Tapi, apa kata Tuhan Yesus?  Ia berkata, “Bukan! Aku berkata kepadamu bukan sampai tujuh kali melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali”  Bagi orang Yahudi, angka tujuh dan sepuluh adalah angka-angka yang melambangkan kesempurnaan. Oleh karena itu ketika Tuhan Yesus berkata tujuh puluh kali tujuh kali, Ia sedang berbicara tentang kesempurnaan dikali kesempurnaan ditambah dengan kesempurnaan. Pada saat itu, Ia sedang menyatakan pengampunan yang tanpa batas.

 

Kehidupan keluarga Kristen tidak terlepas dari berbagai macam gesekan.  Semakin lama kita hidup dan berinteraksi dalam keluarga kita, maka tidak sedikit pula gesekan yang mungkin akan muncul di dalamnya.  Bahkan tidak sedikit gesekan itu menimbulkan luka yang mendalam dalam kehidupan kita.  Sudahkah kita mengampuni mereka yang membuat luka dalam kehidupan kita?  Berapa kali kita sudah mengampuni mereka?  Tujuh puluh kali tujuh kali.  Mengampuni bukanlah hal yang mudah namun tidak mustahil untuk dilakukan. Kiranya Tuhan menolong kita sekalian.