MENYELAMATKAN GENERASI ( II )

by samuelyasa


JANGANLAH kamu MENJADI SERUPA dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yg baik, yang berkenan kepada Allah, dan yang sempurna.

Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa! Janganlah berarti larangan, dalam era apapun, tidak boleh menjadi serupa dengan dunia.  Kamu berarti kita/manusia. Di dalam diri manusia ada 4 hal :

  1. Pola Pikir               :  Cara berpikir dan isi pikiran.
  2. Pola Komunikasi: Cara berkomunikasi dan isi dari komunikasi.
  3. Pola Rasa               :   Perasaan
  4. Pola Motorik        :  Cara bertindak dan tindakan

Apanya yg tidak boleh menjadi serupa ? Apakah pola pikir, pola komunikasi, pola rasa dan pola tindak ? Ke empat pola kita ini seharusnya tidak boleh menjadi serupa.

Pikiran kita seharusnya diisi dan dipenuhi dengan hal-hal benar dan mulia. Pikiran kita yg benar dan yg mulia, seharusnya memenuhi dunia (ditumpahkan di dunia online). Komunikasi kita seharusnya manis dan sedap di dengar didunia maya, dengan menyediakan  lagu-lagu rohani, e-book, membicarakan/diskusi tentang karakter dan hal hal lainnya yg bersifat membangun.

Perasaan seharusnya peka dan menjadi tidak nyaman ketika melihat hal-hal yg bertentangan dengan nilai-nilai iman Kristen. , apalagi menggunakan bahasa yg kasar. Dalam Fil 4:8, Paulus menyimpulkan : Jadi akhirnya saudara-saudara, semua yg BENAR, semua yg MULIA, semua yg ADIL, semua yg SUCI, semua yg MANIS, semua yg SEDAP DIDENGAR, semua yg disebut KEBAJIKAN dan PATUT DIPUJI, pikirkanlah semuanya itu. Dengan memikirkan, merasakan, mengatakan dan melakukan ini, kita sudah tidak menjadi serupa dangan dunia.

DOA. Penuhilah kami dengan kebenaranMU ya Tuhan. Amin