PENGAMPUNAN ADALAH PILIHAN

by samuelyasa


Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.                                 Efesus 4:32

 

Pengampunan adalah pilihan, sedangkan pemulihan adalah proses. Untuk memulai proses pemulihan, kita harus terlebih dahulu mengampuni semua orang yang telah menyakiti kita. Pada masa ini, gereja telah mengabaikan pengajaran tentang pengampunan. Ada banyak ajaran tentang kasih karunia dan kemurahan Allah serta pengampunan tanpa syarat yang kita peroleh melalui pengorbanan dan kematian Tuhan Yesus. ajaran ini sangatlah penting krn merupakan dasar & fondasi iman kekristenan kita.

Permasalahannya, banyak orang tidak lagi peduli ttg ajaran utk mengampuni dg tulus siapa pun yg telah menyakiti mereka. Tuhan Yesus dg tegas menyatakan bahwa kita harus mengampuni orang yg bersalah kpd kita. Jika kita mau belajar taat kpd Bapa dan mau mengampuni orang lain, kita akan menemukan kebebasan & kedamaian jiwa.

Alkitab sendiri tidak mengatakan bahwa mengampuni adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Pengampunan merupakan sebuah bentuk kematian karena dengan mengampuni, diri kita yang lama mati beserta keinginannya untuk mempertahankan dan membalas dendam. Mengapa keluarga Kristen harus berfokus pada pengampunan?

  1. Karena akan selalu ada konflik karena dosa. Kita harus mengampuni kesalahan dan bersabar terhadap hal-hal yang tidak kita ketahui pada diri pasangan kita, dan kadang-kadang kita bahkan tidak selalu tahu mana konflik yang disebabkan dosa, dan mana yang disebabkan ketidaktahuan.
  2. Arena pekerjaan pekerjaan yang sulit, yaitu menanggung dan mengampuni itulah yang memungkinkan kasih sayang berkembang ketika tampaknya kasih sayang itu sudah mati.
  3. Karena Allah dimuliakan ketika dua orang yang sangat berbeda dan sangat tidak sempurna menjalani kehidupan yang setia, sekalipun mengalami kesulitan atau penderitaan dengan tetap bersandar kepada Kristus.

 

Kasih karunia menguatkan hubungan dalam keluarga untuk memelihara rasa kasih sayang dengan sarana pengampunan dan kesabaran jikalau kita melakukannya sebagai pilihan yang tepat. Penekanannya adalah pada inti dari kasih karunia, yaitu memperlakukan orang lain lebih baik daripada yang pantas mereka terima. Kiranya Tuhan memberkati.