MUNGKINKAH ALLAH MENCAPAI TUJUAN-NYA?

by samuelyasa


5:22  Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 23  karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. . . 28  Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. 29  Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, . . . . . . . . . .

32  Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. 33  Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Efesus

 

Pelaku utama dalam kehidupan keluarga tentu saja terletak dalam diri laki-2 sebagai suami dan perempuan sebagai istri, yang dalam proses waktu dan dalam perkenan Tuhan laki-2 tersebut juga menjadi ayah dan perempuan itu dipanggil sebagai ibu oleh anak-2 mereka.

 

Keberhasilan rencana Allah dalam keluarga tentu saja tidak luput dari peranan para pelaku utama ini. Bila dalam hati mereka dipenuhi dengan rasa takut dan hormat kepada Allah, diisi dengan kesetiaan dan ketaatan kepada-Nya yang ditunjukkan dalam rasa kasih satu dengan yang lain maka tentunya mudah tujuan Allah akan tercapai melalui keluarga seperti ini. Ingat! Allah memiliki tujuan dalam keluarga dan Allah memiliki tujuan melalui keluarga. Keluarga bukan saja sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan Allah, tetapi keluarga itu adalah tujuan Allah sendiri.

 

Ketika Paulus menuliskan tentang mengasihi, menghormati dan tunduk dalam konteks keluarga bagi para suami dan istri, bisa jadi hanya sebagai sebuah ingatan agar keluarga mewarnainya dengan hal-2 demikian.  Tetapi juga bisa dikarenakan kondisi yang sebaliknya, di mana terdapat istri-2 yg tidak tunduk dan hormat dan ditemukan para suami yg tidak mengasihi istrinya.  Bagi Paulus sikap dan perilaku yang menhormati, tunduk dan mengasihi amatlah penting karena memiliki korelasi yang amat kental dengan hubungan antara Kristus dan jemaat-Nya. Paulus sangat menekankan hal ini sehingga ia mengatakan bahwa RAHASIA INI BESAR.

 

DOA. Ampuni kami ya Tuhan bila tidak menjadi suami istri sebagaimana yang TUHAN mau yg saling mengasihi satu sama lain.            jp