DESIGN ALLAH untuk KELUARGA

by samuelyasa


1:27  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Kejadian

 

TAKLUK, PENAKLUKAN dan MENAKLUKAN adalah sebuah istilah yg sangat disukai oleh manusia, apalagi yang bersifat suka menghadapi tantangan karena dianggap dapat memberikan kepuasan tersendiri ketika mencapainya, apalagi memberikan faedah tersendiri, yakni posisi si penakluk yang identik dengan sang penguasa.

 

Penaklukan yang ditugaskan oleh Tuhan dalam nats di atas berkenaan dengan keberadaan bumi dan segala isinya. Pertanyaan terpenting yang harus direnungkan adalah apakah ada keterkaitan antara tugas penaklukan tersebut dengan keluarga sebagai basisnya? Atau sesungguhnya dua perintah ini berdiri sendiri?

 

Mungkin tidak jarang di telinga kita tatkala diperdengarkan kata-2 seperti berikut: di belakang pria yang sukses selalu ada wanita yang mendukung; di samping anak-2 yang berhasil selalu ada orangtua yang mendampingi; dan sebagainya. Paling tidak kata-2 seperti ini ingin menyampaikan sebuah bukti (kalau tidak boleh disebut sebagai kebenaran fakta) bahwa berbagai kemampuan manusia termasuk penaklukan boleh disebut sebagai berbasis keluarga.

 

Keberdosaan justru membuat manusia melakukan penaklukan tidak pada tempatnya. Tidak sedikit para suami yang terus berjuang untuk menaklukan istrinya karena mungkin banyak istri yang tidak takluk (baca: tunduk) kepada suaminya; banyak istri yang terus berusaha untuk menaklukan hati sang suami karena banyak suami yang senantiasa menjaga wibawanya sampai sulit untuk mengekspresikan kasihnya kepada sang istri.  Tidak sedikit orangtua yang terus berjerih lelah untuk menaklukan hati anak-2 yang senantiasa memberontak, dan sebaliknya, banyak anak-2 yg berupaya dapat menaklukan hati orangtuanya agar mendapatkan waktu, kasih dan perhatian.                                            jp