GEREJA: PERSEKUTUAN ORANG KUDUS YANG HIDUP DAN BERTUMBUH BERSAMA

by samuelyasa


Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

(1 Korintus 15:58)

 

Orang Kristen bukan orang-orang yang menyendiri. Mereka tidak berada untuk dirinya sendiri, tetapi di dalam kelompok, persekutuan, komunitas yang dikenal sebagai “Gereja”. Inilah pola yang Tuhan Yesus telah letakkan. Ia berkata: “Aku akan membangun Gereja-Ku.” Salah satu fungsi gereja adalah untuk menolong kita bertumbuh dalam anugerah.

 

Kita belajar mengenai gambaran Gereja sebagai kawanan domba dimana Kristus sebagai Gembala Agungnya. Ketika Ia memanggil domba-Nya, dan mereka menjawab, mereka dibawa semakin dekat dengan-Nya. Dengan demikian, Allahpun berharap agar kehidupan kita menjalankan pelayanan untuk hidup bersama orang Kristen lainnya. Kita harus dapat berkata kepada sesama Kristen kita: “Aku akan bersama-sama kamu semua demi kemajuan dan sukacitamu di dalam iman” (Filipi1:25). Jika harus demikian, ada beberapa aspek dari pengajaran Alkitab Perjanjian Baru yang perlu kita hargai untuk setiap orang percaya dapat hidup dan bertumbuh bersama-sama.

 

  1. 1.     Pelayanan Saudara kepada sesama

Setiap orang Kristen memiliki karunia. Roh Kudus memberikan karunia kepada setiap pribadi seperti yang Ia kehendaki (1 kor 12:11). Untuk apakah karunia itu? “Kepada yang setiap orang pernyataan Roh ini diberikan untuk kebaikan bersama” (1 Kor 12:7). Roh Kudus memberikan karunia agar kita melayani sesame kita.

 

  1. 2.     Menghasilkan Pertumbuhan

Setiap orang percaya telah diperlengkapi dengan karunia dan dipakai dalam pelayanan yang kemudian Tubuh Kristus dapat di tumbuhdewasakan. Setiap orang percaya menjalani perannya sebagai orang tubuh Kristus yang memberkati orang lain lewat pelayanan. Allah bermaksud agar kita bertumbuh sebagai orang Kristen di dalam konteks persekutuan Kristen. Kita memerlukan satu sama lain untuk menunjukkan pelayanan dalam “Kasih”. Kita memerlukan persekutuan untuk dapat

 

menerima  berbagai jenis berkat yang ingin Kristus berikan kepada kita melalui sesama Kristen kita.

 

Renungan: Meskipun dalam kehidupan persekutuan terdapat begitu banyak hambatan dan tantangan untuk hidup dan bertumbuh bersama di dalam Tuhan, namun firman-Nya dengan jelas mengatakan kepada kita untuk kita selalu berdiri teguh dan giat dalam pekerjaan Tuhan, dan terlebih indah tidak ada jerih payah yang sia-sia. Setiap orang percaya disadarkan bahwa hanya Tuhanlah yang memberikan kekuatan kepada kita untuk hidup saling membangun.

 

Iklan