APAKAH INI TANGGUNG JAWAB GEREJA?

by samuelyasa


25:34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; 36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? 38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? 39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? 40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Matius

 

Gereja yang telah memiliki bidang Diakonia, biasanya menerima tanggung jawab  memperhatikan orang-orang yang memerlukan bantuan. Tentu baik adanya, tetapi sisi yang tidak terlalu baik, banyak orang yang melepaskan tangan karena berpikir cukup dia memberi sumbangan, berupa apa saja ke gereja itu sudah cukup, tidak lagi perlu repot memperhatikan orang satu-persatu karena ada orang-orang dalam bidang Diakonia yang akan melakukannya!!

 

Kita takut dengan berbagai sentuhan pribadi, kita takut dimanfaatin, kita takut dikatakan ini dan itu. Akhirnya kita berhenti menyatakan kasih kepada saudara seiman, walaupun kita masih memberi kepada gereja khususnya bidang diakonia akan tetapi sentuhan pribadi ke saudara seiman menjadi kering, bahkan mungkin hilang.  Pertanyaan di atas patut  kita jawab.  Apakah ini tanggung jawab Gereja?