GEREJA DAN PENGAMPUNAN

by samuelyasa


6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;                         Matius

 

Bolehkah saya meminta anda untuk melihat tangan anda sejenak? Lihatlah punggung tangan anda, lalu bagian telapaknya, telusurilah jari-jari tangan anda, sentuhlah setiap ruas jari.

 

Bagaimana jika seseorang membuat film dokumenter tentang tangan anda? Bagaimana jika seorang produser ingin mengupas kisah hidup anda berdasarkan kehidupan tangan anda? Apakah yg akan terlihat?

 

Mari kita coba berimajinasi, film itu tentunya akan dimulai dengan adegan jari-jari yang mungil, kepalan tangan yang mungil, , lalu mulai berpegang pada kursi ketika belajar berjalan, memegang sendok ketika mulai belajar makan, tak lama kemudian tampak tangan anda akan melakukan hal yang mengharukan, mengelus-elus wajah ayah, ibu dan saudara-saudara anda, bahkan mungkin binatang peliharaaan. Namun dengan segera juga kita akan saksikan ada tangan yang agresif yang mulai mendorong, melempar, memukul, menunjuk, merampas mainan.

 

Tangan digunakan bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi juga menyatakan berbagai emosi dalam diri kita, tangan yang sama bisa menolong orang lain, tetapi juga bisa melukai orang lain, tangan yang sama bisa memberi kado, namun juga bisa mengepal dan menyakiti orang lain, dan lain sebagainya.  (Max Lucado).

 

Saya mengutip kalimat di atas dari buku yang  sedang saya baca (Just Like Jesus). Saya ingin mengajak  untuk melihat hidup setiap kita, banyak hal baik kita lakukan tapi tidak bisa dipungkiri banyak hal tidak baik juga telah kita lakukan, hal yang menyakiti orang lain, yg melukai mereka, apakah kita ketika melakukan yg tidak baik, yang menyakiti sesama kita, tidak inginkah mereka memaafkan kita? Tentunya kita ingin, bagaimana kita terhadap mereka yang menyakiti kita, adakah kita bisa mengampuni like Jesus, dlm komunita bergereja kita hrs bisa mempraktekkan hati Yesus terhadap sesama, maka gereja  kita akan diberkati.                    hp