DIKERJAKAN OLEH YESUS KRISTUS

by samuelyasa


1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. 4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, 6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. 7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus                           (Efesus)

 

Telah saya singgung sedikit dalam rubrik pastorline (buletin Lifeline ed. Agustus) tentang keutamaan atau vitalitas Kristus di dalam kekristenan, khususnya Gereja.  Kemarin telah kita renungkan bahwa keberadaan gereja adalah semata-mata inisiatif Allah. Dia-lah yang membentuk dan mendirikannya dan sebuah design Allah yang terintegral dengan karya penebusan-Nya di dalam Kristus Yesus.

 

Tanpa kita sadari sentralitas Yesus hanya kita tempatkan di dalam gereja sebagai pusat sesembahan kita. Yesus yang ditinggikan, diagungkan dan dijunjung tinggi. Itu sudah seharusnya dan semestinya dilakukan dengan sebuah alasan yang jelas karena IA telah menebus dan mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya. Namun tahukah kita mengapa IA dijuluki sebagai Kepala gereja, atau Pemilik gereja? Sadarkah kita ketika sedang berdebat dan mendebat tentang denominasi dan naungan gereja, dan siapak yang memulai dan mendirikan gereja untuk membuat catatan sejarah gereja, sesungguhnya semuanya itu adalah milik Tuhan dan IA yang mendirikannya?

 

Tanpa Kristus maka tidak ada gereja. Mungkinkah ada gereja-gereja yang dibangun tanpa menyertakan kehadiran-Nya? Renungkanlah!              jp