PERTUNJUKAN KUASA TUHAN

by samuelyasa


Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Yosua 10:11

Ayat di atas menunjukkan bahwa kuasa Tuhan saja yang sanggup memberikan kemenangan kepada bangsa Israel, dan masih banyak lagi peristiwa serupa dalam Alkitab. Selain peristiwa-peristiwa spektakuler seperti itu, kita juga bisa menyaksikan peristiwa-peristiwa yang kelihatannya sederhana tetapi kuasa Tuhan sungguh nyata, misalnya pengalaman hidup Yusuf yang berkali-kali menghadapi masalah karena dijahati orang lain. Dalam segala masalah yang dihadapinya dan seluruh kehidupannya Tuhan selalu menyertai dan memimpin Yusuf. Tentu saja tidak dengan maksud mengesampingkan ketaatan Yusuf.

Dalam setiap keberhasilan kita melewati masalah sesungguhnya merupakan pertunjukkan kuasa Tuhan. Dengan demikian tidak ada tempat bagi kita untuk menganggap diri kita kuat. Ketika kita menyaksikan pertunjukan demi pertunjukan kuasa Tuhan ddalam hidup kita, itu akan membuat kita semakin mengandalkan kuasa-Nya dalam menjalani kehidupan kita.

Pertunjukan kuasa Tuhan ini juga merupakan sarana kesaksian kepada orang lain. Melalui kemenangan-kemenangan menghadapi masalah orang lain bisa diajak menyaksikan kuasa Tuhan yang kita percaya. Seorang rekan pernah bercerita bahwa dia sering dihina dalam keluarganya yang belum mengenal Tuhan, tetapi di sisi lain keluarganya selalu menghubunginya ketika mereka menghadapi masalah. Keluarganya menyaksikan bahwa sebagai orang percaya ia juga menghadapi berbagai permasalahan hidup, tetapi ia masih bisa bersukacita dan tegar dalam menghadapinya. Ia hanya mngatakan itu semua karena kuasa Tuhan yang menolongnya. Maka setiap masalah yang kita hadapi merupakan momen Tuhan menunjukkan kuasa-Nya kepada kita sekaligus kepada orang lain.

 

Doa: Ya Tuhan, kiranya kuasa-Mu senantiasa nyata di dalam hidupku. Amin.         -va