JADI BERKAT

by samuelyasa


… sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

2 Korintus 1:4

Tidak sedikit orang yang dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan selalu minta diperhatikan dan dikasihani. Ada juga yang akhirnya mempersalahkan orang lain yang dianggap sebagai penyebab masalah. Sesungguhnya sikap-sikap demikian adalah sikap yang sangat egois (self-centered). Perlu kita ketahui bahwa masalah yang kita hadapi bisa menjadi sarana Tuhan membentuk kita untuk menjadi berkat bagi orang lain. Seseorang yang hidupnya berserah dan taat dalam menghadapi berbagai permasalahan akan menang dalam menghadapi permasalahan tersebut. Orang yang demikian bisa Tuhan pakai untuk menghibur, menguatkan dan menolong orang lain yang sedang menghadapi masalah.

Ada seorang ibu yang pernah mengalami penderitaan secara fisik dan mental ketika terdiagnosa mengidap sakit kanker. Setiap selesai menjalani kemoterapi kondisi fisiknya menjadi sangat lemah. Tetapi dalam keadaan demikian ia belajar berserah, bersandar dan taat kepada Tuhan. Meskipun dirinya lemah, ia justru belajar untuk mendoakan para pasien kanker lainnya sehingga banyak dari mereka yang semangat hidupnya dibangun.

Ketika dalam menghadapi masalah kita hanya memikirkan diri sendiri dan menyalahkan orang lain, itu tidak akan membereskan masalah yang kita hadapi, melainkan hanya akan makin menyusahkan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Sebaliknya ketika kita belajar melihat kehendak Tuhan di balik penderitaan, maka kita bisa dipakai menjadi berkat bagi orang lain. Penghiburan dan pertolongan yang kita terima dari Tuhan akan kita sampaikan juga kepada mereka yang mebutuhkannya.

 

Doa: Ya Tuhan, ajarku untuk tidak egois dalam menghadapi masalah hidupku, tetapi bukalah mata rohaniku terhadap segala rencana-Mu sehingga aku bisa tetap menjadi berkat bagi sesamaku. Amin.   –