IMUNISASI MASALAH?

by samuelyasa


Firman-Nya kepada perempuan itu: “Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu.” Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “… maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: … dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, …”

Kejadian 3:16-19

          Dalam kehidupan manusia di dunia, tidak ada seorang pun yang hidupnya kebal dari masalah. Masalah hidup manusia disebabkan oleh jatuhnya manusia ke dalam dosa. Dosa merusak relasi manusia dengan dirinya, sesamanya dan lingkungannya.

Setelah menerima anugerah keselamatan, bukan berarti manusia juga bebas dari segala masalah. Orang percaya masih menghadapi masalah untuk hidup taat kepada firman Tuhan karena masih ada sifat kedagingan dalam dirinya. Paulus sendiri mengatakan bahwa ia juga mengalaminya (Roma 7:15). Di samping itu, orang percaya juga menghadapi masalah dengan fisiknya dalam hal sakit-penyakit.

Selain bergumul dengan dirinya, orang percaya juga bergumul dengan lingkungan tempat tinggal (dunia) yang berdosa. Dosa masih bisa mempengaruhi sesama orang percaya untuk berkonflik karena adanya kepentingan-kepentingan pribadi. Mulai dari dalam keluarga sebagai lembaga terkecil sampai ke lembaga-lembaga yang lebih besar bisa mengalami permasalahan relasi. Tidak jarang juga dunia berdosa menghimpit orang percaya untuk hidup benar sebagaimana banyak dituliskan oleh para pemazmur.

Tentu masih banyak masalah yang manusia (termasuk orang percaya) hadapi. Masalah merupakan realita, tetapi Tuhan bisa memakainya untuk menggenapkan rencana-Nya dalm diri manusia. Maka penting bagi kita untuk menghadapi setiap masalah kehidupan menurut cara yang Tuhan kehendaki.

 

Doa: Tuhan, tolong kami menyikapi setiap masalah yang ada dengan benar. Amin.           -va

Iklan