TIDAK AKAN MELEBIHI KEKUATANMU

by samuelyasa


Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.    

1Korintus 10:13

 

Penderitaan memang Tuhan ijinkan untuk dialami oleh setiap orang.  Itulah sebabnya setiap manusia yang masih hidup tidak pernah luput dari penderitaan dan kesusahan. Mungkin sering kali dalam kehidupan ini timbul pertanyaan dalam hati setiap orang ketika mengalami penderitaan, “Mengapa ini harus terjadi padaku Tuhan?”, “Mengapa harus saya yang mengalami ini?” Apakah Allah arogan dengan membiarkan berbagai penderitaan yang kita tidak dapat mengerti mengapa harus terjadi? “Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.”

 

Penyertaan Tuhan adalah yang sempurna dan kasih-Nya yang nyata dalam kehidupan kita akan membuat kita menyadari bahwa Tuhan memakai sekeliling kita untuk mengingatkan kita bahwa Ia turut bekerja dalam segala sesuatu (Roma 8:28).

 

Dalam bukunya “Facing Your Giants” Max Lucado mengatakan:

Anda mengasihi Allah, bukan? Indahkanlah Dia.

Anda memiliki saudara seiman, bukan? Mintalah nasihat mereka.

Anda memikili Alkitab, bukan? Bacalah.

 

Kita memiliki semua yang kita perlukan untuk mampu menghadapi masalah besar dalam hidup kita. Lebih dari semuanya itu, kita memiliki Allah yang sangat mengasihi kita dan tidak akan membiarkan kita berjalan tak tentu arah. Percayalah kepada-Nya, Ia selalu ada untuk kita.

 

Biarlah renungan pada hari ini mengajarkan kita untuk senantiasa percaya kepada Tuhan bahwa penderitaan yang kita alami tidak melebihi kekuatan kita. Dan lebih dari semuanya itu, ada janji Tuhan yang akan memberikan kepada kita “jalan keluar” atas setiap permasalahan yang terjadi.

SW