KEKUATIRAN = PENDERITAAN

by samuelyasa


Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.                                                                               Matius 6:34

 

Keadaan ekonomi yang tidak menentu membuat manusia senantiasa kuatir dengan kehidupan dan masa depannya. Berbagai pertanyaan timbul dalam hati dan pikiran tentang kebutuhan hidup mereka. Apa yang mereka pakai, apa yang akan mereka gunakan, darimana mereka akan mendapatkan uang, bagaimana jika tidak mendapatkan pekerjaan, apa yang harus dilakukan jika mengalami kesudahan dan lain sebagainya. Masalah yang datang seakan-akan begitu banyak. Belum selesai masalah yang satu, masalah yang lain datang lagi. Tidak sedikit orang yang menjadi stress akibat berbagai tekanan hidup yang dialaminya.

 

Renungan hari ini mengajarkan kita untuk tidak kuatir kepada kehidupan ini, karena kekuatiran yang berlebihan akan membuat kita menjadi menderita. Kekuatiran seperti apa yang dimaksudkan dalam bagian ini? Yaitu kekuatiran yang berlebihan. Kekuatiran yang berlebihan ini menarik kita kearah yang berlawanan dengan iman kepercayaan kita sehingga mengakibatkan kita kurang mempercayai pemeliharaan Tuhan. Harapan-harapan kita menarik kita kepada suatu arah yang bukan lagi bergantung kepada Tuhan, ketakutan-ketakutan menarik kita kepada arah yang berlawanan. Kuatir disini juga diterjemahkan sebagai tercekik, jika kita benar-benar kuatir maka kita akan tahu perasaan itu mencekik seseorang. Kekuatiran menyebabkan sakit secara jasmaniah: sakit kepala, sakit leher, dan punggung. kekuatiran mengganggu pikiran, sistem pencernaan dan hidup kita.

 

Kuatir adalah pencuri sukacita terbesar kita, tetapi tidaklah cukup berkata kepada diri sendiri untuk berhenti merasa kuatir. Kekuatiran adalah sesuatu yang timbul dari dalam diri kita sendiri dan untuk mengalahkannnya tidak cukup sekedar niat saja, tapi obat dari kekuatiran adalah pikiran yang tenang yang kita peroleh dari perenungan firman Tuhan setiap hari.

 

Kiranya Firman Tuhan memberikan jalan keluar bagi yang percaya sehingga walaupun kita melalui masa-masa sulit dan tekanan dalam kehidupan, kita tetap dapat merasakan damai sejahtera dan pengharapan, serta kekuatan dari Tuhan.                                                                    SW