SANGGUPKAH ANDA PERCAYA KEPADA-NYA?

by samuelyasa


9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: “Percayakah engkau kepada Anak Manusia?” 36 Jawabnya: “Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya.” 37 Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!” 38 Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud menyembah-Nya. 39 Kata Yesus: “Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta.” 40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya: “Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?” 41 Jawab Yesus kepada mereka: “Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu.”                                                                   (Yohanes)

 

Percaya kepada Tuhan dan mempercayakan diri dan hidup kepada Tuhan bisa menjadi dua hal yang berbeda. Ada iman pengetahuan (iman noticia) yang membuat kita tidak bisa tidak, harus percaya kepada-Nya secara kal budi. Masalahnya apakah kita sanggup mengaplikasikan iman pengetahuan ini secara dalam kehidupan dan menghidupinya (iman Fiducia)?  Bila hal ini terjadi maka janganlah heran bila kita mendengar, atau menyaksikan (mungkin melakukan) orang-2 kristen yang tidak lagi meletakkan hidupnya kepada Kristus. Mendengar dan menyaksikan orang2 kristen yang lari kepada kuasa gelap atau pengandalan kepada kemampuan manusia, dan secara pasif berkata bahwa Yesus tidak sanggup. Jangan heran bila mereka hari Minggu ke gereja tetapi hari lain ke dukun; hari minggu memuji Allah dan hari lain menghafalkan berbagai mantra. Mereka adalah orang kristen ampibi yg hidup di dua dunia.

 

            Pertanyaan di atas begitu krusial, karena hal ini berkenaan dengan kualitas iman anda – Sanggupkan anda percaya (mempercayakan diri) kepada-Nya? – yang anda tujukan kepada Yesus yang anda akui sebagai Tuhan dan Juruselamat. Lakukanlah hal itu dan anda akan melihat perbedaannya. Tuhan menyayangi anda.                                                jp

Iklan